APA YANG DIMAKSUD DENGAN JAMAN PERUNDAGIAN DIMASA PRASEJARAH

Dalam masa pra sejarah ada yang disebut dengan masa ''Perundagian''masa ini dapat disebut juga dengan masa masa manusia sudah mampu membuat alat alat darti logam tetapi batu dari jenis''Perunggu''seperti kita ketahui bahwa perunggu adalah logam yang tertua ,sebelum logam logam lain dikenal dan diketahui oleh umat manusia di jama purba/atau dijaman prasejarah.

Dalam jaman aau masa perundagian menurut para ahli purbakala ,saat itu manusia sudah mengenal dengan yang namanya logam seperti perunggu,dan dibuat untuk peralatan manusia untuk bertani,senjata berburu dll,serta beberapa kelengkapan upacara adat dan keagamaan/kepercayaan.

Lalu juga pada bidang kesenian,sudah dikatakan ada saat itu seperti seni seni lukis,kerajinan dan seni  ukir lainnya,juga beberapa seni pahat patung saat itu sudah mulai muncul,jaman 'undagi'',atau istilah disebut golongan para pengrajin,dan para seniman.

Kemudian dijaman ''Perundagian''tersebut aspek kepercayaan juga sudah mulai terarah ,dan beberapa jenis peralatan dari logam perunggu dijadikan alat dan tempat tempat sajen ,dalam kepercayaan rupanya mereka melanjutkan dari para manusia purba dijaman prasejarah sebelumnya dan mereka melanjutkannya,namun aturan aturan dalam kepercayaan itu sudah mulai ketat dan ada sangsi bila melanggaranya.

Itulah yang yang disebut jaman perundagian ,mengapa masih disebut jaman prasejarah,karena saat itu belum ada bentuk berita yang tertulis,jadi para ahli hanya memperkirakana/meneliti tentang tekstur tanah,temuan dan fosil ,lalu mengambil kesimpulan.



PERALATAN DIJAMAN PERUNDAGIAN DARI PERUNGGU
Lantas timbul pertanyaan apakah saat itu Nabi Adam.as sudah ada ?jawabnya tentu sudah ada,karena kitab suci Alquran,Injil,maupun Taurat,ketiganya mengakui kalau Nabi Adam.as adalah manusia pertama yang diciptakan oleh Allah Swt.,lalu mengapa mereka tidak punya agama?saat itu,,dan mereka menyembah macam macam,,seperti kita ketahui bahwa umat manusia,selalu berubah ubah,dengan masa yang panjang tersebut,saat masa keNabian kosong sekian ribu tahun,,maka ''wajar'' umat manusia seperti kehilangan pedomannya.

Contoh di saat jaman Nabi Musa.as,,dengan hanya beberapa waktu saja,ditinggalkan nabi Musa.as,,bani Israil,kembali sesat,dengan menyembah ''patung sapi'' ciptaan Samiri.,demikian dan semoga ada manfaatnya sekian salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

2 komentar

Kayaknya gambar diatas menhir atau moko dari perunggu di jaman pra sejarah ya? atau dolmen?

Balas

sejenis moko,,,kang atau nekara perunggu,,,tirms.

Balas

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger