APA ITU PERADABAN BANGSA SUMERIA DI MESOPOTAMIA ?

Beberapa waktu yang lalu kami pernah memposting tentang bangsa''Sumeria'',dan memang menurut dalam peradaban nya bangsa ini salah satu bangsa yang banyak mempunyai peninggalan peninggalan peradaban yang sudah tinggi dalam ukuran skala waktu itu.

Ada yang disebut dengan istilah''Ubaid''dalam pengembangan budaya mereka,dan mereka juga telah mengembangkan system irigasi yang sudah maju di sekitar wilayah Mesopatamia selatan,dengan majunya pertanian,pembangunan sehingga membuat lajunya pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan kota kota ,seperti kota Ur,Uruk dan Eridu,disinilah terlihat tingginya sebuah peradaban suatu bangsa.

Sumeria mempunyai system pemerintahan yang juga sudah teratur setiap kota di kepalai oleh para dewan kota semacam DPR kita sekarang,akan tetapi bila keadaan emergency/darurat militer misalnya maka kota kota akan di pimpin oleh seorang panglima perang yang khusus diangkat untuk saat itu bernama''Lugal'',dan tugas seorang Lugal akan berakhir bila keadaan sudah stabil,dan kekuasaan dikembalikan pada dewan kota tersebut.

Kuil Eridu  Peninggalan bangsa Sumeria dengan gaya ''Ziggurat''
Awalnya para Lugal ini setia pada aturan aturan yang ,namun seiring dengan waktu rupanya mereka mereka yang diangkat sebagai Lugal,tetap ingin bertahan dan mereka menjadi kuat,sehingga membuat semacam raja raja kecil di wilyah mereka,dan sekitar tahun 2900 SM,para Lugal telah menyatakan diri mereka adalah Raja raja,dan membuat pemerintahan pusat menjadi lemah.

kemudian Bangsa Sumeria sempat berada dibawah jajahan bangsa Gutia dan Akkadia,setelah berjuang mempersatukan kembali ''UrNammu''dapat membangkitkan kembali kerajaan Sumeria dan berjaya,namun hanya sekita 1 abad(100 tahun) saja,setelah itu bangsa Sumeria hancur kembali di serang oleh bangsa Elam,namun untungnya bangsa Elam tetap melanjutkan pembangunan dan budaya bangsa Sumeria.

Kepercayaan bangsa Sumeria juga sama dengan bangsa Mesir yaitu percaya akan Dewa dewi,beberapa nama nama Dewa Dewi bangsa Sumeria misanya:
-Dewi Innana/Ishtar adalah dewi Cinta dan Perang.
-Dewa Nanna/Sin adalah Dewa Bulan (putra dari Dewa Enlil).
-Dewa Enlil adalah Dewa Udara juga Rajanya para dewa dewi).
-Dewa Utu/Shamash,adalah dewa Matahari anak dari dewa Nanna,Dan cucu dari Dewa Enlil.
-Dewi Ninhursag adalah Ratunya para Dewi/ia istri dari dewa Enlil,ibu dari Dewa Nanna.

Bangsa Sumeria juga berjasa dalam pengembangan system penulisan ini ada sekitar 4000 SM bangsa ini telah mengembangkan tulisan gambar(Pictogram),sama dengan bangsa Mesir,mereka menulis pada lempengan tanah liat,dan alat tulis seperti paku,sehingga dikenal dengan huruf paku dari Sumeria tulisan ini berkembang pada bangsa bangsa lainnya yang ada disekitar Mesopatamia.
Itulah sekilas dengan budaya,kepercayaan dan pemerintahan di jaman kerajaan Sumeria di sekitar Mesoptamia,dan semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian dan salam.
Cat :Ziggurat :Adalah gaya arsitektur di jaman bangsa Sumeria,dan banyak dicontoh oleh bangsa lainnya,gaya ini membangun kuil lama diatas kuil baru,tanpa menghancurkan kuil lama.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger