APA ITU DOLMEN,WARUGA DAN MENHIR ??

Mari kita mengenal beberapa istilah di dalam sejarah dan peninggalan peninggalan dijaman dahulu ,dan ini sebenarnya adalah hanya pengulangan saja sewaku kita kita sekolah dahulu sudah ada kita pelajari,dan juga sangat banyak di temui  pada buku buku.

Namun saya mencoba untuk menuliskannya kembali ,siapa tau ada manfaatnya,untuk kita sekalian atau sekedar mengingat ngingat pelajaran dahulu,yang mungkin saat kita membaca koran,media dll terdapat istilah istilah tersebut,ini ada beberapa istilah dalam sejarah dan pengertiannya :

I.Beberapa istilah dalam sejarah dan temuan misalnya :


Arca Ganesha salah satu peninggalan masa lampau
(1).Sumatralith  :Atau atinya kapak Genggam,teknik pembuatan sudah jauh lebih halus,jauh lebih halus dari kapak perimbas karena kedua sisinya sudah di tajamkan,tetapi cara menggunakannya masih pakai genggaman tangan (belum pakai tungkai/tangkai),alat alat ini di temukan di wilayah sekitar Binjai Sumatera Utara dan wilayah Aceh.
(2).Waruga  :Adalah kubur/makam batu yang berbentuk kubus,dengan tutup/cungkup yang berbentuk atap rumah.
(3).Dolmen  :Adalah meja batu,terdiri dari batu besar kemudian dibawahnya ada batuan lainnya sebagai penyangganya,fungsinya untuk menempatkan sesembahan pada nenek moyang,dan biasanya dolmen di temukan di sekitar kubur/makam batu.
(4).Sarkofagus :Adalah bentuk makam batu seperti lesung,dan atasnya juga di beri tutup.
(5).Menhir  :Tempat pemujaan nenek moyang kepada roh leluhur mereka ,bentuk seperti batu tegak(kalau jaman sekarang seperti nisan tanda tempat orang yang telah meninggal.
(6).Punden berundek undek :Adalah bangunan dari batu yang bertingkat tingkat dengan tanjakan tanjakan kecil/tangga,dan punden biasaanya berisi tempat pemujaan,kepada roh nenek moyang,dan biasanya dalam tiapa tingkatan bersamaan dengan ''menhir''.
(7).Kubur peti batu :Adalah tempat penguburan jaman nenek moyang dimana sisi,alas dan tutupnya semuanya dari bahan batuan .
(8)Arca  : Adalah juga jenis peninggalan masa lalu ,patung patung hewan biasanya yang di ukir,dan kebanyakan  hewan yang dianggap mempunyai kekuatan magis oleh nenek moyang misalnya,Harimau,Gajah dan Monyet.(Hewan hewan lain jarang dibuat arca/patung oleh nenek moyang.

Itulah beberapa istilah sejarah mengenai peralatan dan bangun
an di jaman ''megalitikum''demikian dan semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian ,terutama bagi siswa siswa yang suka mempelajari tentang sejarah,sekian dan salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger