SAMAKAH ANTARA GADING DAN TARING GAJAH ??

Banyak hewan gajah di bunuh orang pada jaman dahulu hanya karena ingin mengambil gadingnya saja,sehingga membuat hewan peninggalan pra sejarah ini nyaris menyusul''Dinosaurus'',yaitu punah ,namun kepunahan gajah akibat ulah manusia tentunya,andai saja ,gajah tidak cepat dilindungi.

Lalu mengapa dengan gading gajah?gading gajah adalah sejenis tulang gigi ,jadi intinya gading itu adalah gigi taring atau dalam istilahnya disebut dengan ''Dentin''(atau tulang gigi),sejatinya gading adalah gigi yang panjang menjorok keluar dan disebut dengan ''taring'' atau taring gajah,namun orang lebih umum menyebutnya''gading gajah''.

Kemudian banyak diantara kita yang salah kaprah,,bahwa hewan yang punya gading itu hanya ''gajah''sebenarnya ada lagi hewan lain yang punya gading,,namun sebutan nya saja beda yaitu''taring'',misalnya, taring beruang,taring kuda Nil dll ,dan ini sebenarnya adalah gading juga,dalam bentuk yang lebih kecil dari yang dimiliki si ''Bona'' alias gajah.

Kenapa hanya taring gajah yang menjadi incaran,karena selain besar ,dan cukup 1-2 elor gajah saja sudah sangat menguntungkan,sepasang gading gajah kadang beratnya diatas 100 kg,,lalu untuk apa gading gading tersebut,ya tentunya untuk alat alat perhiasan,seni,dll,yang bernilai seni tinggi,dan tentunya juga berharga tinggi.

Syukurlah sekarang orang orang sudah mulai memahami betapa pentingnya sebuah habitat,dan gajah gajah kini sudah aman /merasa cukup aman dari orang orang yang memburu mereka tersebut..demikian sekilas dengan apa itu gading gajah,semoga ada manfaatnya,salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger