PNS FUNGSIONAL TIDAK COCOK DENGAN GAYA ABSENSI TERIKAT !!

Beberapa waktu yang lalu kami sudah pernah membuat posting tentang masalah absensi PNS dan apakah cocok diberlakukan juga dengan PNS yang fungsional,seperti ,Dosen,Guru,PPL,Para Medis,petugas penjaga pantai/mercusuar/bandara,para peneliti,dll.

Sebelum jaman reformasi 1998,pemerintah ordebaru jauh jauh hari sudah membagi tupoksi pekerjaan ini dengan membagi dua jenis PNS/diluar ABRI/POLRI,yaitu PNS struktural dan Fungsional,dengan contoh misalnya :


I.Pegawai Negeri Sipil Fungsional :
-Dosen
-Guru.
-Para Medis/Dokter (sejenisnya).
-PPL(penyulu pertanian)
-Para peneliti.
-Para petugas lapangan misalnya penjaga pantai/Mercusuar/bandara ,dll.

II.Pegawai negeri Sipil Struktural :
-Para PNS yang bekerja di kantor pemerintah,baik dari kantor lurah hingga kantor kmenterian
intinya seseorang yang bekerja di dalam ruangan dalam administrasi.

Lalu bagaimana dengan Absensi masuk/pulang para pegawai tersebut ,tentu tidak boleh disamakan dengan keduanya,,PNS fungsional biasanya pekerjaannya tidak dapat di ikat dengan jam absen PNS kantoran,,yang datang pagi pulang sore,marikta ambil contoh :

(a.).Seorang juru rawat rumah sakit yang berstatus PNS,saat dapat giliran jaga  saat malam hari,,lantas apakah mereka harus turun di pagi hari juga untuk sekedar absen ,supaya menyesuaikan jam kerja PNS kantoran ??

(b).Seorang penjaga Mercu suar (status PNS) ditengah laut,,apakah harus pulang pergi ,absen kekantor induk yang ada di daratan,sekedar menyesuaikan dengan jam kerja PNS kantoran??.
(c).Seorang dosen yang punya jadwal masuk jam 13.00(siang),,apakah harus tetap juga turun ke kampusnya jam 7.30 pagi.,??
Dll.

Itulah sekedar contoh sederhana mengenai system absensi ,kurang cocok untuk pegawai ang tupoksi pekerjaannya,,adalah fungsional,demikian dan semoga ada manftaatnya salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger