MENGENAL PARA DEWA ORANG ORANG MESIR KUNO !

Sekilas mengenal masa peradaban kepercayaan atau agama pada zaman Mesir kuno,pada zaman itu kepercayaan umat manusia khususnya orang orang Mesir kuno,dengan menyembah banyak dewa dewa,menurut dalam riwayatnya mungkin ada sekitar 2000 dewa yang disembah oleh masyarakat Mesir kuno pada waktu itu.

Mereka mengenal dewa dewa yang di sembah secara negara(seluruh warga),ada juga dewa dewa yang hanya di percaya oleh satu kelompok /wilayah saja,sehngga kalau di jumlahkan jadinya sekitar 2000an nama dan jenis dewa,lalau pada masa kejayaan Mesir kuno yang banyak mendapat sembah dari warganya seperti dewa''Re''(dewa matahari),masyarakat Mesir waktu membangun kuil kuil penyembahan di sekitar wilayah''Heliopolis''.


SALAH SATU DEWA ORANG MESIR KUNO
Kemudian pada jaman Mesir di pertengahan ,penyembahan lebih mengarah kepada dewa''Osiris''atau dewa yang menjadi hakim di alam baka,setelah timbul jaman pemerintahan Mesir baru  waktu itu maka  penyembahan di gabungkan antara dewa Re dan dewa Amun,sehingga dalam sebutan orang Mesir kuno saat itu  lebih nyaman dengan sebutan dewa Amun-Re,dewa Amun sendiri adalah raja dari segala Dewa.

Sebenarnya di jaman pemerintahan raja ''Amenhotep IV'',raja ini pernah mewajbkan percaya hanya pada satu dewa''namanya dewa ''Aten''(dewa monotheisme),dan rakyat pun mengikutinya,namun sebagian ditentang oleh  para pendeta kepercayaan yang lama ,yang menyembah dewa Amun-Ra,dan setelah si raja wafat maka para warga kembali menyembah banyak dewa lagi.

Beberapa nama nama dewa di jaman Mesir kuno tersebut misalnya saja :
-Dewa Ma'at    :ia seorang dewi(wanita),menjadi dewi keadilan dan kebenaran.
-Dewa Khonsu :ia adalah dewa bulan.
-Dewa Amun  :ia adalah raja para dewa (paling tertinggi).
-Dewa Re   :ia dewa Matahari(wakil dewa Amun).
-Dewa Osiris :ia dewa di alam baka(hakim keadilan di alam baka).
-Dewa Min  :ia adalah dewa kesuburan.
-Dewa Anubis :ia adalah dewa Kematian.
-Dewa Shu  :ia dewa udara.
-Dewa Set :ia adalah dewa bencana,badai,dewa Gurun.

Itulah sekilas dengan kepercayaan orang orang dijaman Mesir kuno,,dan semoga ada manfaatnya untuk sekedar menambah pengetahuan kita sekalian,sekian salam.

Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger