EMPAT FAKTOR BERPENGARUH PADA IKLIM DAN MUSIM DI INDONESIA !

Indonesia sebagai negara tropis sehingga mempunyai empat sifat dasar iklim yang sangat mempengaruhi keadaan iklim itu,misalnya adalah tata letak dan keadaan Indonesia sebagai negara yang berbentuk kepulauan yang di ke lilingi oleh laut dan selat.

Adapun hal hal yang mem pengaruhi ke adaan iklim di Indonesia yang berbentuk pulau pulau antara lain adalah:


EMPAT FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MUSIM/IKLIM  DI INDONESIA
1.Kadar kelembaban udara yang selalu tinggi,karena wilayah Indonesia yang berbentuk kepulauan,dan banyaknya laut serta selat selat,maka hal tersebut menyebabkan suhu akan selalu tinggi karena adanya penguapan air laut yang tinggi,dan tidak adanya perbedaan suhu yang sangat ekstrim,misalnya saja panas ke dingin,atau dingin tiba tiba panas.

2.Letak Indonesia yang sebagian besar pada garis lintang 10 derajat LU(lintang Utara)dan 10 derajat LI(Lintang Selatan),sehingga negeri kita jarang terserang angin ribut/topan (Taifun/typhon),berbeda dengan wilayah lainnya misalnya ,Jepang,Philipina,dan Ausatralia dll.

3.Suhu negeri kita yang rata rata cukup tinggi,karena terletak pada wilayah garis Khatulistiwa(garis equator).

4.Letak negeri kita(Indonesia)yang diantara dua benua Asia dan Australia,sehingga membuat angin bertiup seperti angin musim,sehingga terjadi ada musim kemarau dan ada musim hujan,akibat dari tekanan dari kedua benua tersebut.

Itulah empat faktor yang mempengaruhi iklim musim di Indonesia,dan membuat negeri kita bertiup seperti angin musim Barat dan angin musim timur,yang berhembus/bertiup secara bergantian mengikuti tata letak sang surya atau Matahari.

Demikian sekilas info dan semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian,utama bagi siswa siswa kita yang sedang belajar geografi,sekian salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger