BEBERAPA JENIS PERMAINAN ANAK ANAK DI JAMAN DAHULU !!

Macam macam bentuk permainan kita jaman dahulu yang kin telah hilang dan anak anak jaman sekarang justru malahan tidak mengenalnya lagi,memang jaman telah berubah sehingga membuat suatu kebiasaan telah berubah,budaya juga secara perlahan namun pasti ikut didalam perubahan tersebut dan kita tidak dapat menahan nya. 

Kalau di daerah kami jaman tahun 70-80an masih terlihat anak anak main(dolanan) misalnya :
-Main Logo:sebuah permainan yang dibuat dari tempurung kelapa yang dimodel dengan segitiga(limas),lalu di cantolkan/di tanam di tanah ujungnya,dengan bersusun  sebanyak yang ikut main,lalu di bidik dengan logo lainnya,hingga logo logo tersebut jatuh/tejungkal.


-Main cempe lele :Sebuah permainan dengan menggunakan kayu bulat sebesar ibu jari dengan panjang sekitar 50 cm,lalu anaknya sepanjang 1 jengkal,dan kemudian dilempar keatas,lalu di pukul sejauh mungkin,semakin jauh pukulan semakin bagus.

-Main Karet : Sebuah permainan dengan menggunakan karet/getah(bahasa kami),dibuat semacam rajanya disebut''Undas''(kepala)kalau bahasa Jawa ''ndas'',ada kemiripan ,kemudian karena di pasang pada kayu yang bercabang di cantolkan di tanah,kemudian dibidik memakai raja tadi(undas tadi).

-Main Gasing :ini sebuah permainan yang juga asyiik,,gasing terbuat dari kayu yang agak kuat misal kayu ulin,,atau kayu yang kuat,,lalu di bentuk seperti guci kecil sebesar kepalan tangan dengan ujungnya agak lancip,,di bagian kepalanya dibuat lekukan untuk memasang tali yang di lingkarkan pada gasing tersebut dan kemudian di putar sekuat tenaga,,siapa yang paling lama berputar,ia yang akan jadi juara,,sekarang gasing kayu jarang ada lagi,namun lebih banyak gasing plastik pakai baterai dan lampu lampu.(pada event event budaya misalnya ''Erau''di Kabupaten KutaiKartanegara pertandingan gasing,logo,masih di perlombakan).

permainan Gasing (photo by:www.kompasiana.com)

-Main kelereng kaca/atau dari buah Kelereng(buah Kabuaw bahasa kami):Sebuah permainan yang asyiik,,dengan memasukan si kelereng pada lubang lubang ,dan kemudian untuk mendekati lubang harus pintar pintar ''ngepek'',mirip seperti orang main golf ,,jadi harus pintar memperkirakannya agar lebih dekat dengan lubang yang dituju.

-Main Gambar(wayang):Sebuah permainan kami jaman dulu,,dengan gambar sebesar luas kotak korek api,kemudian di lempar ke udara bersama dengan kepunyaan lawan,kalau gambar kita membuka artinya kita menang,,ini juga asyiik(kadang lupa makan,ahaha). 

Saya lihat anak anak sekarang sudah tidak ada lagi yang bermain seperti dijaman kami dahulu,,mereka sekarang sudah jaman canggih,mainan mereka,game online,Android,dll(pokoknya yang moderen)..itulah sekilas dengan permainan anak anak dahulu,yang kini sudah hampir tak ditemukan lagi,demikian sekedar corat coret orang pinggiran sekian salam !!.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger