BAGAIMANA PARA AHLI MENENTUKAN TENTANG JAMAN PRASEJARAH?

Kita masih berbicara sekitar masalah sejarah tentang temuan temuan fosil dan benda benda prasejarah lainnya,namun kali ini adalah menyangkut masalah istilah dalam keilmuan ,mengenai tingkatan peradaban manusia di jaman purba .

Mungkin  kalau kit membaca buku buku sejarah tenang perkembangan manusia dari masa ke masa dan hingg sekarang sangat menarik tentunya untuk dibahas ,namun kali ini kami hanya menuliskan hal hal  yang penting saja di dalam istilah duduk keilmuan
nya ,agar kita tidak salah artikan bila bertemu dengan istilah istilah tersebut mungkin di saat kita membaca koran atau media,atau sedang membaca artikel di dunia maya ini.,atau saat kita ditanya oleh orang lainnya.

Saat kita mempelajari tentang kehidupan di masa lampau biasanya kita menemukan yang disebut ''prasejarah''dan sejarah'',jaman prasejarah biasanya kita belum menemukan bentuk tulisan tulisan ,biasanya hanya semacam lukisan pada dinding gua,atau sebuah telapak kaki(non tulisan),dan bedanya yang disebut dengan jaman ''sejarah'' adalah saat dimulainya ditemukan bentuk tulisan tulisan kuno dll.

Adapun ilmu yang mempelajari jaman ''prasejarah'' karena tidak ada tulisan saat itu maka para ahli akan dibantu dengan ilmu ilmu yang lain misalnya saja :



(1). Ilmu Geology      : Ilmu yang mempelajari lapisan lapisan tanah,dan mengetahui seberapa lama usia tanah sekitar ditemukan suatu benda prasejarah.

(2).Ilmu Paleoantropologi   : Ilmu yang mempelajari tentang,bentuk/kerangka manusia ,dari yang paling sederhana(bawah),hingga bentuk manusia di jaman sekarang (seperti kita).

(3).Ilmu Tipologi   :Ilmu yang mempelajari tentang  penentuan umur suatu benda/temuan,semakin sederhana bentuknya maka dianggap semakin tua usia benda/materi tersebut.

(4).Ilmu Paleontologi  :Ilmu khusus mempelajari tentang fosil fosil,apa saja yang menjadi temuan yang akan diteliti.

(5).Ilmu Kimiawi  : Ilmu tentang kimiawi untuk penentuan benda benda temuan dengan menggunakan standar kandungan kimia yang ada pada benda/materi tersebut,misal kandungan zat carbon nya !,maka berangkat dari kandungan kimia ini para ahli menentukan faktor usia dll nya.

(6).Ilmu Stratigrafi  : ilmu ini untuk mempelajari tentang temuan yang akan diteliti berdasarkan dengan lapisan tanah misalnya kalau sebuah fosil ditemukan pada lapisan yang masih muda maka dapat diambil hipotesa sementara ,umur benda/materi sekian usianya ,menyesuaikan dengan umur lapisan tanah tersebut ,begitu juga sebaliknya ,semakin tua lapisan tanahnya ,maka benda/materi tersebut  dianggap lebih lama.

Itulah enam standar bidang keilmuan untuk menentukan suatu usia/keadaan suatu benda/materi/fosil,di saat jaman Prasejarah,,mengapa demikian karena di jaman prasejarah belum ada tulisan yang menjelaskan tentang suatu hal tersebut,berbeda dengan jaman ''sejarah'',bentuk tulisan sudah ada dan dapat diuraikan menurut bidang kelimuan mengenai tulisan tulisan tersebut.

Demikian dan semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger