MENGAPA HARUS TERJADI HURUHARA SAAT RELOKSASI DI KAMPUNG PULO JAKARTA !!

Untuk kemajuan sebuah kota memang tidak ada jalan lain kecuali merubah tatanan kota tersebut dengan berbagai macam cara tentunya,apalagi kota tersebut ada kemungkinan mungkin saja kebanjiran atau sampah sampah yang menumpuk dll,ditambah dengan pemukiman pemukiman penduduk yang tak tertata rapi,atau mungkin dianggap bangunan bangunan liar yang dibangun diatas tanah negara.

Saya fikir memang ini semua sebuah permasalahan klasik yang selalu ada ,dan tak mungkin dapat dihindari oleh negara manapun didunia ini,nah !yang jadi permasalahan adalah bagaimana cara reloksasi atau memindahkan para warga yang terkena gusuran tersebut,hal yang sering menjadi permasalahan dan tak menutup kemungkian terjadi hal hal yang tak diinginkan,misalnya bentrokan antara warga dan aparat keamanan.


Mungkin sedikit masukan saja ,karena saya sendiri bukanlah ahli tatakota ,yang perlu dilakukan sebelum reloksasi/pemindahan warga:

-Pemerintah harus secara intens mengadakan komunikasi dengan warga di  lingkungan  yang akan di reloksasi,supaya tidak terjadi miss komunikasi saat terjadi ''penggusuran.

-Atur kesepakatan dahulu dengan warga yang akan di reloksasi,temukan titik musyawarah/mufakatnya,dan kemudian bila sudah sepakat baru di lakukan reloksasi.

-Berikan waktu yang manusiawi pada warga sehingga dapat melakukan persiapan dengan semestinya.

-Berikan ganti untung,jadi bukan ganti rugi istilahnya,karena saat warga membangun bangunan tersebut mungkin harga bahan bahan material masih murah,dan saat akan digusur tentu akan lebih mahal lagi,sehingga penggantian dari pemerintah tidak memadai.

-Lokasi reloksasi sebaiknya juga harus di musyawarahkan ,sehingga tidak terjadi silang pendapat,dan tentnya mengacu pada keadilan bersama[warga juga tidak sekehendak hati dan pemerintahpun juga tidak seenak saja[win win solutions].

Itulah kira kira,sekedar celotehan orang pinggiran,saya hanya trenyuh melihat beberapa hal yang selalu terjadi di saat reloksasi/pemindahan warga yang selalu hampir dengan keributan dan huruhara,seperti yang terjadi kampung Pulo Jakarta,dan juga di daerah lainnya,demikian dan semoga ada manfaatnya,salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger