HEWAN BADAK YANG HAMPIR PUNAH !!

Siapa yang tak kenal dengan hewan yang satu ini,yaitu ''Badak''bahkan ada pameo yang mengatakan ''berkulit badak'',karena memang hewan yang satu mempunyai kulit yang ekstra tebal,namun juga ada kekurangannya ,kulitnya banyak di tumbuhi jamur/parasit atau kutu,sehingga ia perlu bantuan burung untuk membersihkannya,jadi jangan heran kalau ada beberapa jenis burung yang kadang hinggap di atas punggung si badak,sedang mencari makanan.

Penyebaran hewan badak,biasanya di sekiar wilayah tropis,Asia dan Afrika, jenis badak yang tebesar adalah jenis badak putih dengan panjang badan hingga 5 m dengan berat 3000-3600 kg,lalu ada jenis badang kecil atau badak Sumatera,berat sekitar 2000 kg dengan panjang sekitar 3m lebih.

Badak termasuk hewan yang mampu bertahan hidup cukup lama hingga 50 tahun,melahirkan bayi 1 kali ,hingga anaknya mandiri ,atau selepas induknya sekitar 2 tahun ,baru si induk melepaskan anaknya ke alam bebas,dan kemungkinan setelah itu baru ia punya anak lagi[mengandung lagi],bayi/anak dari badak di sebut''pedet''.

Kemudian badak mempunyai indera pendengar dan penciuman yang ''handal''namun penglihatannya jelek[hewan ini rabun dekat],sehingga sangat sensitif,hampir semua yang mendekatinya cenderung akan di serangnya,[agak ekstra hati hati kalau jalan jalan ke kebun binatang].  

hewan badak [photo by:sains.kompas.com)

Sekarang jenis badak semakin berkurang hingga 5 jenis saja lagi dulunya cukup banyak jenisnya,akibat dari perburuan manusia dan hal hal alamiah lainnya,bahkan beberapa diantaranya hampir punah,sehingga badak.

 Lalu si badak masuk dalam hewan yang dilindungi,subfillumnya vertabrata,ordonya,perissodaktila,family dari,rhinoseritodae,kelasnya mamalia,jumlah spesies yang ada 5.
Itulah sekilas dengan hewan badak yang hampir punah,tugas kita kitalah menjaganya agar si badak tidak punah,dan menjadi kenangan cerita saja,dan semoga ada manfaatnya,sekian salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

2 komentar

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger