BENARKAH BPJS ITU HARAM ??

Benarkah BPJS itu haram??setelah MUI[Majelis Ulama Indonesia]yang katanya telah mengeluarkan fatwa bahwa BPJS itu haram,sebenarnya saya bukanlah ahli dalam bidang ilmu fikh atau ahli dalam dunia perbankan,sehingga mungkin tulisan ini hanya sekedar curhat dan uneg uneg saja jadi bukan merupakan suatu  acuan yang menjadi standart ,atau simpulan haram atau tidak haram !,hal tergantung kita masing masing bagaimana mensikapinya !

Program pemerintah tentang BPJS ini sebenarnya kalau menurut hemat kami bagus saja,sehingga mungkin yang perlu di benahi adalah systemnya saja agar tidak menimbulkan pro dan kontra dari berbagai golongan ,mungkin dengan :

- Memperjelas hak hak anggota asuransi kesehatan tersebut[BPJS].
- Transparansi masalah obat obatan[yang kerap tidak tercantum dalam daftar obat tanggungan BPJS].
- Mempermudah birokrasi di rumah sakit rujukan,yang kerap dialami oleh anggota asuransi BPJS.
- Lalu konsekuen dengan apa yang sudah ada pada perjanjian dengan anggota,seperti yang kami utarakan diatas,misalnya masalah obat-obatan yang kerap tidak ada dalam daftar tanggungan BPJS,sehingga si pasien yang harusnya tidak beli obat sendiri ,mau tidak mau harus membelinya sendiri[tanpa penggantian],dan tentunya hal hal demikian akan merugikan fihak konsumen tadi.

Padahal seharusnya obat obatan itu harus mengacu pada ketersediaan fihak medis yang mengobati si pasien,bukan pada fihak asuransi kesehatan[BPJS],fihak BPJS hanya melihat laporan apa yang sudah digunakan oleh si pasien untuk kesembuhannya,dengan menyesuaikan kondisi,akan menjadi lucu pada apotik RS dengan ruang yang sama ,sementara obat tanggungan BPJS tidak ada,lalu kalau kita beli sendiri ada ,ahaha!!.


Saya fikir kalau hal ini di perbaiki dan di sempurnakan dengan lebih baik lagi tatacara dan kinerjanya,tentu akan lebih manfaat,semoga saja !!

Dan kalau saya baca tentang edaran MUI,itu juga lebih banyak mengarah pada hal hal tata pelayanan yang seimbang ,artinya tidak memberatkan si pasien ataupun pengelola BPJS,memang !! siapa yang tak ingin untung besar,tetapi juga sisi pelayanan harus diutamakan.
Demikianlah sekedar celoteh pinggiran,dan semoga ada manfaatnya sekian salam.

Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

1 komentar :

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger