WISATA KE KOTA SANGA SANGA DI KUKAR ,KALIMANTAN TIMUR !

Wisata ke Sanga Sanga Kab.KutaiKartanegara di Kalimantan Timur,kalau dilihat sepintas memang Kecamatan sanga sanga ini terlihat biasa biasa saja,namun ternyata disini banyak meyimpan nuansa nuansa sejarah masa lampau yang sarat akan makna sejarah,seperti kilang -kilang minyak,tangki tangki tua,sumur pompa minyak,asrama,rumah /bangunan peninggalan jaman Belanda,dan kini di kelola oleh Pertamina.

Sanga Sanga memang menjadi sangat vital bagi Belanda,Jepang saat menjajah negeri kita,karena adalah pusat pengolahan/tambang minyak mentah,sehingga Sanga Sanga sangat di pertahankan oleh Belanda kala itu,dan saat terjadi ''Battle''dengan pasukan Jepang ,Sanga Sanga juga tak luput menjadi medan tempur mereka,karena saling ''berkepentingan''.

ex.Tangki Minyak BPM[Belanda],di Sanga Sanga,Kab.Kutai Kartanegara
Kalau kita berada di pusat kota kecamatan,anda jangan ''terkejut''kalau bila setiap hari akan terdengar bunyi''sirine/alarm'' [persis suara di jaman Perang tempo doeloe],anda akan berada seolah- olah akan terjadi ''serangan udara'',dan hingga hari ini ,sirine tersebut masih aktif berbunyi,misalnya sekitar jam 13.0.0.[siang].

Setelah Belanda mengadakan penyerahan/mengakui kedaulatan Indonesia,maka segala asset BPM[perusahaan minyak Belanda],di serahkan dengan Pertamina,hingga sekarang,baik dalam pengelolaan segala sesuatunya.


 Mesin pompa minyak ex.jaman Belanda[BPM],di kec.Sanga Sanga.Kab.Kutai Kartanegara East Kalimantan

Sanga-sanga juga dikenal dengan peristiwa ''merah putihnya'',yang sangat heroik kala pasukan Gerilyawan melakukan penyerangan terhadap NICA[Belanda],dan dapat menguasai Sanga Sanga dalam beberapa saat [mirip serangan Umum 1 maret di Jokja,di jaman Revolusi doeloe].

Itulah sekilas dengan Sanga sanga,sebagai tempat wisata sejarah,kalau anda sedang berada di sekitar wilayah ini,silakan sambangi ''kota tua''Sanga sanga ini,banyak peninggalan peninggalan sejarah jaman penjajahan doeloe,ok,dan be Happy you Tours,sampai ketemu di tempat lainnya,salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger