WISATA KE CANDI CANDI JAMBI TUA DI JAMBI YANG PENUH PESONA!

Wisata ke Provensi Jambi,disini juga banyak terdapat tempat tempa wisata yang sangat mempesona dan juga indah,ada satu wilayah yang namanya''muara Jambi''ini merupakan sebuah wilayah yang dianggap oleh sebagian orang adalah daerahnya''Jambi tua'',atau disebut juga sebagai ibukota dari kerajaan Melayu tua,kerajaan ini mencapai puncaknya sekitar abad ke 10,silam.

Wisata ke Jambi,dan di wilayah ini pula ditemukan situs situs tua ,atau candi candi peninggalan jaman awal masuk Hindu dan Budha kedaerah ini,bagi yang suka akan wisata budaya dan sejarah sangat cocok menyambangi wilayah ini.

CANDI GUMPUNG DI KOTA JAMBI TUA[JAMBI]

Wilayah tersebut adalah semacam komplek dari pusatnya budaya di jaman Hndu/Budha,dan katanya adalah pusat peninggalan sejarah masa lampau yang paling terbesar di pulau Andalas[Sumatra],dan beberapa candi candi yang ada ,di perkirakan berasal dari abad ke 9-13,saat itu diperkirakan jaman kejayaan kerajaan di Jambi tua tersebut.

Namun sayang sekitar  tahun 1377,tempat tempat tersebut di luluh lantakan,oleh tentara tentara dari wilayah ''Birma[Myanmar],ini perkiraan para sejarawan,dengan mengacu banyaknya di temukan jenis jenis batuan/perunggu yang sama dari daratan Birma.

Awalnya daerah ini,hilang bagai ditelan bumi,dan tanpa sengaja di temukan kembali oleh warga setempat sekitar tahun 1920,ditengah hutan belantara dan tertutup rerimbunan hutan hutan besar dan pepohonan,dengan dibantu oleh pasukan pasukan Inggris,maka ekpedisi ini semakin terungkap,kala itu.
Wisata ke muara Jambi,wilayah tersebut,atau komplek candi candi tersebut tesebar pada wilayah sekitar 12km2,dan membentang sepanjang sekitar 7 km,di tepi sungai Batang hari,dan wilayah wilayah tadi seperti sebuah komplek perumahan,dan beberapa rumah rumah di jaman kerajaan Jambi tua tersebut.

Demikian sekilas dengan tempat wisata sejarah yaitu Jambi tua,dan bila anda sudah berada di kota Jambi,sayang sekali kalau tidak berkunjung ke  wilayah tersebut,untuk melihat lihat peninggalan peninggalan,nenek moyang dijaman masa lampau,Ok be Happy you Tours,dan sampai jumpa di tempat wisata selanjutnya,sekian salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger