BEBERAPA LANGKAH ORANGTUA DALAM MEMBANTU KESULITAN ANAK DALAM BELAJAR !!

Tentang kesulitan belajar anak memang beragam dan tentunya kita sebagai orang tua juga harus jeli dalam melihat perkembangannya,dan tentu kita juga jangan hanya menyerahkan persoalan tersebut dengan guru semata,ini beberapa langkah langkah untuk membantu anak anak kita keluar dari permasalahan tersebut,misalnya:
I. LANGKAH LANGKAH DALAM MEMBANTU KESULITAN BELAJAR ANAK
-Memilih waktu yang tepat untuk mengajak si anak dalam belajar[pilih waktu yang tepat].

-Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan,namun juga ''ketenangan'' suasana perlu di perhatikan.

-Biasakan untuk memakai buku buku standart yang dipakai di sekolahnya[atau yang di pakai gurunya],agar si anak lebih mudah mengikutinya.

-Latih anak kita dengan hanya melihat judul bukunya,artinya memperkirakan isi yang akan di bahas di dalam buku tersebut,setelah baru lanjut ke dalam isi buku,agar si anak memahaminya secara sistematis/berurutan.

-Kalau sianak mengalami kesulitan dalam membaca/mengeja bukunya,kita harus membantunya ,secara perlahan-lahan.

-Bantu anak anak kita dalam mengenal tanda tanda baca/tanda tanda bilangan ,untuk mengenalinya,ini sangat penting dan manfaat dalam membantu anak saat belajar.

-Kita jangan selalu memfokuskan pada hal hal yang ia tidak bisa[faham],tetapi pancing ia juga dalam hal hal pelajaran yang ia sukai/fahami,ini membantu semangat sianak dalam memahami pelajaran berikutnya,karena ia ''termotivasi''.

-Bantu anak anak kita dalam mengerjakan PR[pekerjaan rumah],yang di berikan gurunya pada mereka,agar mereka juga merasa di perhatikan/dibantu oleh orangtuanya,namun jangan semuanya !.

-Bantu anak anak kita untuk meningkatkan kepercayaan dirinya,dan kemudian lakukan tes tes lisan/tulisan ,pada anak anak kita,walaupun PR dari gurunya tidak ada.

Itulah beberapa hal yang mungkin dapat di lakukan orangtua,untuk membantu,anak anak kita yang kurang dalam pembelajaran/mengalami kesulitan belajar,demikian dan semoga ada manfaatnya,untuk kita sekalian..salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger