WISATA ZIARAH PADA MAKAM SUNAN BAYAT SEORANG TOKOH DALAM PENYEBARAN ISLAM !

Kita masih menyusuri kota Gudeg[Yogyakarta]setelah kita melihat lihat candi Kalasan pada posting sebelumnya,kini kita mencoba beralih sekilas pada nuansa wisata yang lain yaitu ''wisata ziarah''artinya kita berwisata namun sambil berziarah,,pada tempat tempat yang dianggap mempunyai makna tersendiri bagi yang mengunjunginya.

Kalau kita melanjutkan perjalanan sekitar 30 km kearah timur kota Yogyakarta,maka kita akan bertemu dengan sebuah tempat yang juga banyak dikunjungi oleh orang orang yaitu ''makam Sunan Bayat'',atau Ki Ageng Pandanaran,atau Sunan Pandanaran,beliau adalah seorang tokoh ulama yang punya andil besar dalam penyebaran agamaIslam,utama di sekitar daerah Yogyakarta.

LOKASI MAKAM SUNAN BAYAT
Area makam beliau terletak di sekitar wilayah''Klaten''di bukit Jabalkat [Kec.Bayat .Ds.Paseban],walaupun secara administratif masuk wilayah Provensi Jawa Tengah,namun dalam perjalanan menuju lokasi makam lebih dekat dari wilayah Yogyakarta.

Pada hari hari biasa saja katanya,jumlah pengunjung juga cukup banyak,apalagi pada hari hari tertentu atau pada malam malam tertentu,sangat banyak sekali warga warga dalam/luar kota atau wilayah lain yang datang ke area makam ini,[dalam bahasa sekarang untuk wisata rohani].

Pada sisi selatan bukit ,dibuat semacam undakan,yang juga masih satu lokasi dengan makam Sunan Bayat,serta makam makam lainnya, dan juga ada tempat ibadah[Masjid]yaitu masjid Jabalkat dan masjid Gala,di serambinya tergantung sebuah bedug kuno.

Didalam komplek tersebut juga ada semacam gentong tua,yang selalu diisi oleh airnya oleh seorang pengikut beliau bernama''Syech Domba'',dan dilokasi tersebut katanya, terdapat tempat untuk sholat sunan Bayat ,serta tempat petilasan sunan Kalijaga.

Itulah sekilas salah satu tempat wisata ziarah yang banyak di kunjungi orang orang,kalau anda kebetulan jalan jalan di kota Yogya ,sayang kalau tidak mampir di sini,apalagi misalnya anda seorang yang menyukai wisata sambil ziarah,pada makam makam orang orang terkenal,demikian dan semoga ada manfaatnya,salam.


Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger