SIAPAKAH WANITA PERTAMA YANG KELUAR ANGKASA ?

Untuk urusan luar angkasa nampaknya Uny Sovyet[Rusia]memang dianggap paling duluan dari negara negara lainnya ,negara ini memang sangat antusias sekali dengan bidang angkasa luar dan cukup banyak pesawat pesawat ulang aliknya yang sudah menjelajah luar rangkasa,salah satunya ''Vostok6'',mengapa vostok6 jadi populer saat itu?karena di dalamnya membawa seorang''kosmonot''wanita pertama di dunia yang menjelajah angkasa luar yaitu ''Valentina Tereshnova''.

Ia lahir tahun 1937 di dekat ''Yaroslavl''Rusia ,walaupun tumbuh besar di ladang pertanian,namun jiwanya banyak mengarah pada bidang tehnik dan teknology,seusai sekolah iapun bekerja pada sebuah pabrik ban dan kemudian di pabrik tekstil,karena hobby nya adalah olah raga terjun payung,maka iapun sering melakukan penerjunan ada sekitar 163 kali ia loncat dari pesawat untuk suatu event terjun payung[tergolong sangat fenomenal bagi seorang wanita].

Karena ketrampilannya dan keberaniannya dalam bidang kedirgantaraan tersebut,maka iapun di tarik oleh lembaga penerbangan dan luar angkasa Rusia ,untuk masuk training dalam persiapan terbang ke luar angkasa ditahun 1962,dan pada tanggal 16 Juni 1963,ia menerbangkan pesawat luar angkasa dengan pesawat ''vostok6'',selama 3 hari ia berada diluar dunia [luar angkasa].


Kol.Valentina Tereshnova[photo:todiscoverrussia.com]
Sekembali dari luar angkasa tak lama setelah itu iapun  menikah dengan rekan kerjanya sesama kosmonot''Andrian Nikolayev'',namun tak bertahan lama keduanya sepakat berpisah,lalu didalam kepangkatan angkatan udara[ketentaraan]ia termasuk wanita yang punya pangkat tinggi sampai mencapai''Kolonel''dalam angkatan udara Rusia.

Menjelang purna dalam tugas dirinya terjun pada bidang sosial untuk membantu para wanita wanita ,dan penganjur dalam perdamaian dunia,dan HAM[utama hak asasi wanita].
Itulah sekilas dengan kosmonot wanita pertama di dunia Valentina Tereshnova,dan semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian.

Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger