SIAPA ITU PERICLES TOKOH POLITIKUS YUNANI KUNO?

Salah seorang negarawan bangsa Yunani Kuno yang termashyur dan jarang dikenal adalah seorang tokoh yang bernama''Pericles''tokoh ini hidup sekitar  tahun 495-429 SM,Pericles menjadi pemimpin dan negarawana Athena kuno,dengan tangan dinginnya kota Athena menjadi terkenal dan besar pada waktu itu.

Perciles pula yang mempunyai aturan tentang boleh wanita bertemu dan bertatap muka dengan surau aturan aturan yang di perlakukannya,misalnya saat sidang kota,dan diumumkan keseluruh negeri,inilah awal pijakan demokrasi yang dikenal hingga sekarang ini.

PERICLES POLITUKUS YUNANI KUNO
Ia juga membangun tembok tembok untuk megelilingi pantai di sepanjang Athena,untuk menangkal serangan musuh dari laut utama dari bangsa Persia yang juga dikenal cukup tangguh waktu itu,dan juga Pericles membangun Angktan laut yang kuat untuk negaranya.

Selain itu pula rupanya Perciles juga dengan pertahanan ia pun mempunyai jiwa seni yang tinggi,ia banyak membangun taman taman kota yang indah,salah satunya bangunan elok yang berada di puncak bukit''Acropolis'',kemudian ada lagi yang di sebut gedung''Panthenon''semacam kuil sesembahan yang dibangun dengan memakan waktu sekitar 15 tahun lamanya.

Walaupun di segani dan dipuji iapun juga banyak mempunyai musuh politis[oposisi]di dalam pemerintahannya,karena tidak selamanya ''demokrasi''itu menguntungkan bagi rakyatnya,sebab demokrasi terkadang dijadikan sebagai alat untuk berkuasa[dengan mengatas namakan demokrasi],sehingga tak tanggung tanggung,ia mampu berkuasa/terpilih 15 kali,dan mengangkat dirinya sebagai ''Jendral besar''.

Pericles ingin Athena selalu damai,namun ternyata tak dapat dipertahankannya,tak lama setelah itu terjadi peperangan dan Sparta,sekitar tahun 431SM, dan Athena di hancurkan, namun sayang sebelum genderang perang pecah,si Pericles tewas,terkena wabah penyakit menular[pagebluk],yang menyerang Athena waktu,demikian sekilas dengan seorang negarawan besar Yunani kuno,Pericles dan semoga manfaat untuk kita sekalian.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger