SEKILAS DENGAN PROSES TERJADINYA BATU PERMATA JENIS BERLIAN !!

Sekilas dengan proses terjadi batu permata''diamond''atau berlian seperti kita ketahui bahwa berlian adalah batu permata yang tertinggi nilainya,akan tetapi apabila batu berlian ditemukan dan masih murni[original]justru ia tidak menarik sama sekali,warnanya yang buram dan tidak berkilau,ciri batuan yang baik memang tidak berkilau ,sebelum di olah/dipoles.

Apabila berlian sudah di potong/dipoles maka nampaklah keindahannya,dan berlian terbuat dari zat yang paling keras,sehingga untuk membelah/memotongnya ,harus menggunakan berlian juga''berlian di potong oleh berlian juga''.[ahli pemotong permata di sebut dengan istilah''Lapidaris'']

jenis berlian terbesar di dunia yang ditemukan di Rusia[masih dalam bentuk aslinya[photo:showbiz.liputan6.com]
Berlian berasal dari kristal carbon yang murni,dan berbentuk dalam berbagai ukuran serta terbentuk   dari sebuah proses alamiah yang bersuhu sangat tinggi,sehingga sering di dapatkan berlian pada lapisan inti ''gunung berapi jaman purba'',karena panas yang ada di dalam gunung berapi tersebut mampu merubah suatu zat tadi menjadi sebuah berlian.

Sehingga untuk menemukan berlian sebenarnya ,harus menggali batuan yang ada di sekitar gunung berapi ,dan jauh kedalam daratan,dan akan sangat sulit bila mencari batuan jenis berlian di pinggir pantai,bahkan mungkin tidak ditemukan.

Maka tidak jarang berlian berlian ini di temukan pada daerah yang jauh di pedalaman seperti Rusia,Siberia,Brazil,Afrika Selatan,India dan Australia,dll[juga di sebagian wilayah negeri kita].kemudian dengan batuan ''intan'',sama hal nya dengan berlian namun jenis intan adalah sebuah batuan cikal bakal berlian yang belum terproses.

Berlian juga dapat terbuat dari semacam bahan ''grafit'',dengan proses penekanan /pemanasan tingkat tinggi ,namun proses ini memerlukan biaya sangat besar ketimbang berlian yang dihasilkan,sehingga bila dikerjakan tidak memberi keuntungan secara komersial. 

Selain untuk hiasan ,berlian juga berguna untuk mata bor,atau alat untuk memotong kaca,dll,namun biasanya di ambil dari jenis jenis yang berkualitas rendah.,tingkat kekerasan berlian berada pada skala 10 mohs[skala kekerasan batu].,yang tertinggi.
Demikian sekilas dengan proses terjadinya batu permata berlian ,sekian dan semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian ,salam !
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger