SALAH SATU JENIS PERMATA ADALAH PERMATA BUNTET ATAU BUNTAT !!

Batu akik memang ribuan macamnya,namun hanya beberapa yang sering menjadi incaran orang orang yang mengerti tentang batu akik tersebut,selain batu akik dari batu,ada juga yang disebut batu buntat''buntet''dan biasanya jenis batu buntat ini tidak ditemukan di dalam bumi namun justru ditempat tempat yang tidak lazim adanya sebuah batu.!! Baca juga tentang : BATU AKIK GINGGANG YANG SEDERHANA NAMUN PENUH MAKNA !

Sewaktu kecilan kami dulu,sering mendengar cerita tentang bat batu buntat[buntet]ini dan memang ada ,misalnya saja di kayu ulin,dirumput rumput dll,dan ada juga di tananman kubis[kol],kalau orang dari Jawa biasanya menyebutnya kol buntet.

Darimana asalnya si buntet ini?,kalau melihat teksturnya,memang mirip batu akan tetapi ia sebenarnya bukanlah batu asli,namun materi dari benda tersebut yang mengeras menjadi batu,karena sebuah proses alamiah,sebuah buntat terkadang kita temukan dalam rumah keong,atau di rimbunan pohon dan bahkan dari embun yang membeku lebih dikenal dengan sebutan buntat embun.

Karena bentuk seperti batu dan dapat di poles sehingga tidak jarang dijadikan mata cincin atau hiasan lainnya,namun bentuk nya jarang besar  tetapi terkadang juga ada yang besar seperti telur ayam bahkan lebih ,namun kebanyakan!! Baca juga tentang : LEBIH DEKAT DEKAT DENGAN SI GIOK MALUKU ATAU BATU BACAN YANG LANGKA !



salah satu bentuk permata buntet [photo:bendamustika.com]
paling paling sebesar biji buah langsat[itupun jarang],lalu menurut ahli batuan permata ada beberapa khasiatnya bagi yang menyakininya tentunya selain daripada untuk hiasan misalnya:
-Untuk penglaris
-Untuk kanuragan[buntet lebih mengarah pada hal hal kadigkjayaan]
-Untuk kewibawaan dan pengasihan.

Batu buntat ini dapat dipakai oleh segala lapisan karena ia termasuk bukan dari batu permata ''birthstone''jadi tidak terikat jenis kelamin dan tahun .bulan lahir seseorang,demikianlah sekilas dengan batu permata jenis buntat/buntet,dan semoga manfaatnya,mengenai masalah manfaat dan khasiat diluar sebagi hiasan sekali lagi,semua terjadi atas kehendah Allah semata.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

6 komentar

Kayaknya batu permata buntat ini menjadi salah satu incaran para penggila batut akik ya Mas....

Meskipun bukan batu langsung jadi, tapi kalau proses pembentukannya alamiah biasanya keren tuh.

Eh, sekalian mau minta izin. Kalau saya nampilin headline beberapa artikel dari blog ini di kitaabah.com, harus selalu minta izin enggak ya Mas...he..he..

Balas

Menurut penuturan para ahli batuan,si buntet,,memang termasuk incaran para penggemar batu kang,,,,namun sifatnya lebih mengarah pada hal kanuragan[bagi yang meyakininya tentunya],,

-Untuk share headline silakan kang,,bila dirasa artikel 2 di blog ini,,,bermanfaat bagi sesama !!sesuai dengan visi blog ''mari kita berbagi manfaat'',,salam

Balas

Owwh. Si buntet ini speasialis kanuragan. he..he.. Kalau di daerah saya orang-orang suka ngobrol batu Merah Delima. Katanya bisa sakti juga. Tapi saya enggak ikutan, takuuut... :)

Terimakasih atas izinnya. Rencanya sih, mau ada konfirmasi ke artikel yang saya comot, tapi takut kelewat tanpa sengaja...Sekali lagi terimakasih Mas..

Balas

bentuk dan rupanya persis kaya cangkang siput, bagus dan menarik sekali tuh, kayaknya mahal

Balas

great! Thank you for sharing!
I will share this post!

Balas

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger