MITOS TERJADINYA MATAHARI DAN BULAN DARI RAKYAT AUSTRALIA !

Banyak mitos dan legenda tentang terjadinya bumi atau dunia ini,lalu juga mitos tentang terjadinya Matahari dan bulan,seperti kita ketahui bahwa mitos terjadi terkadang juga hasil daya khayal[rekaan]atau hal hal yang imirip miripkan dengan suatu bentuk alam,dll.

Salah satu mitos yang cukup populer adalah tentang terjadi Matahari dan bulan dari orang orang Australia,mungkin saja mitos ini berasal dari cerita suku suku ''Aborigin''penduduk yang mendiami benua Australia dan sekitarnya sebelum orang orang Eropa menginjakan kakinya di benua Kanguru tersebut.

Menurut dalam riwayat[konon],bumi ini pernah mengalami apa yang disebut ''Century Of  Dream''atau jaman mimpi,saat itu tidak cahaya yang ada hanya gelap dan gelap,tak ada matahari tak ada bulan tak ada bintang,begitulah ceritanya[namanya juga dongeng].

tersebutlah dua orang anak manusia yang bernama''Jurumi dan Mudati",merekapun tidak saling mengetahui entak dekat atau jauh karena masing masing tidak dapat melihat,hewan hewan juga saling bertubrukan ,karena mata mereka tidak berfungsi sama sekali,sebabnya tidak ada cahaya,seperti kita ketahui mata akan berfungsi bila ada cahaya yang memantul balik ke lensa mata kita,maka barulah kita melihat suatu hal[benda].

Entah sekian lamanya dan tanpa sengaja mereka berdua bertemu di suatu tempat yang lapang,dan duduk sambil ngobrol,karena situasi gelap gulita tanpa sengaja tongkat penuntun mereka saling bersentuhan dengan kerasnya,dan terjadi ''gesekan''yang hebat dan kemudian menimbulkan percikan percikan api,dan menimbulkan api besar,dan membakar rerumputan sekitarnya.



Melihat kejadian tersebut Jurumi dan Mudati,melarikan diri ketakutan,dan sambil mencari akal untuk mengendalikan api tersebut,dan pada akhirnya mereka mampu mengendalikannya,dengan memberi makan pada si api tadi yang dikira mahluk hidup,caranya dengan memberi ranting,rumput bila ia mulai mengecil,dan memadamkan nya bila ia mulai membesar.

Kemudian mereka berdua mulai membuat semacam obor dua buah,sehingga si api tadi selalu berada di tangan mereka berdua,dan kemudian mereka menyerahkan kepada dua orang''dewi''yang sudah disitu untuk memegangnya,setelah itu kedua sang dewi tersebut terbang ke angkasa,lalu kemudian berubah warna menjadi dua macam satu berwarna ''Kuning emas''kemudian menjadi''Matahari''  dan kemudian satu berwarana''perak''dan kemudian menjadi ''bulan''.

Itulah sekilas dengan mitos terjadinya matahari dan bulan dari rakyat Australia dan semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian !

Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

1 komentar :

haha.. menarik juga kisahnya.. gak kebayang kalo gelap terus. hiii

Balas

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger