MENGAPA BISA TERJADI SEBUAH DANAU DIMUKA BUMI ?

Danau adalah sebuah daratan atau daerah yang berisi dengan air di dalam sebuah cekungan permukaan bumi,  Danau danau yang ada di muka bumi terjadi dari beberapa bentukan entah itu karena proses alamiah atau juga danau dalam bentukan,artinya danau terjadi karena sebuah proses tangan manusia, nah disini danau dapat kita bagi menjadi 4 macam.

-Danau Gletser:Danau Gletser terjadi akibat dari tumpukan tumpukan atau lembaran es dan  gletser hingga menyebkan permukaan tanah di sekitarnya menjadi tidak beraturan atau tidak rata,karena adanya lapisan dari gletser yang mengikir pasir dan batuan pasir atau tanah liat di sekitarnya,daerah yang terjadi cekungan[tidak rata]menjadi semacam danau,yang disebut danau gletser.
Danau Gletser banyak terdapat di sekitar Canada dan wilayah Finlandia,juga beberapa wilayah lainnya.

-Danau patahan:Danau patahan biasanya memanjang[tidak lebar],terjadinya danau patahan apabila kerak bumi bergeser turun diantara garis panjang patahan tersebut,dan kemudian lembah patahan tersebut  terisi air,maka jadilah ia disebut danau patahan,contoh danau patahan terdapat di danau Turkana [Afrika Timur],Danau Malawi,Dan danau Tanganyika di benua Afrika,juga terdapat di sekitar Israel dan Yordania.

 danau Titicaca peg Andes [3.811 m]diatas permukaan laut [photo by: laketiticacatours.info]
-Danau Kawah:Danau Kawah adalah danau yang terletak pada kawah gunung berapi dan kawah tersebut tersisi oleh air dan biasanya danau danau tersebut berada pada kawah kawah yang sudah tidak aktif lagi.
Salah satu danau yang paling langka adalah danau ''Bosumtwi'' di kawah gunung Ashanta,di wilayah Ghana Afrika ,dana tersebut terletak di kawah gunung berapa,dan menurut para ahli geology diperkirakan karena akibat meteorit.

-Danau Buatan :Danau buatan adalah sebuah danau yang memang dibentuk oleh manusia,seperti bendungan  dan kemudian dialiri air,maka jadilah danau buatan atau sebuah sungai yang dibendung ,untuk berbagai kepentingan manusia.

Itulah sekilas dengan empat proses terjadinya danau dimuka bumi ini,dan semoga ada manfaatnya ingo sekilas ini,salam.
Catatan kecil ; Danau yang terbesar di dunia adalah danau ''Laut Kaspia''[371.000 km]sekitar perbatasan Rusia dan Iran.
-Danau yang tertinggi dan dapat di layari adalah danau''Titicaca''[3.811 m]diatas permukaan laut letaknya di Pegunungan Andes
sekitar wilayah Bolivia dan Peru Amerika.
-Danau yang paling dalam adalah danau''Baykal''[1.471.m],terdapat sekitar wilayah Siberia ,Rusia.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger