BATU AKIK GINGGANG BATU PERMATA SEDERHANA YANG PENUH MAKNA !!

Kalau tidak salah ingat sekitar tahun 90an,dan saat itu yang namanya batu permata/akik masih mudah di cari cari,terkadang dengan mengais ngais depan rumah saja sudah dapat batu akik yang bagus bagus,dan sayapun saat itu sempat mabuk batu akik ,karena kebetulan paman sepupu ayah suka dengan batuan,dan saya sering ikut beliau nyari nyari batuan akik,di tumpukan tumpukan batu krikil di sekitaran kampung waktu itu.
Disitulah saya mulai sedikit mengenal jenis batuan akik,walau hanya sekedar hobby dan juga bukan sampai pada ahli batuan,hanya sekedarnya saja,ahaha,namun ternyata pengalaman pengalaman itu cukup membekas pada ingatan saya,sehingga tidak jarang kawan kawan datang bertanya tentang jenis akik pada saya,dan terkadang sayapun menjawab sekenanya,tetapi berkat sedikit pengalaman tadi ,jadi agak lumayan juga dalam menjelaskan,walaupun bukan bidang saya sebenarnya.

BATU PERMATA AKIK GINGGANG[photo:www.bukalapak.com]
Salah satu yang sering kami jumpai saat mencari batuan akik,kala itu adalah,akik ''Baiduri'',lalu ada lagi yang namanya ''akik ginggang'',lalu ada lagi ''akik pancar  tujuh'' dll,nah disini mari kita sekilas melihat tentang salah satu akik yang bentuk teksturnya manis kalau menurut hemat saya,yaitu''akik Ginggang''akik ini bentuknya sederhana namun mempunyai kelebihan yaitu pada bagian bagian nya seperti pada sebuah ''kue lapis legit'',dan kami sering menemukannya dulu!! Baca juga tentang : Salah satu jenis batu permata batu buntet !
.
Akik ini katanya para ahli batuan[bukan kata saya lho !]juga punya khasiat khasiat tertentu,menurut penuturan paman saat itu adalah:
-Menghidarkan marabahaya.
-Untuk belajar menghafal sesuatu cepat tanggap[kalau bahasa kami''cepat pandai mengaji''],namun tentang khasiatnya,itu wallahu alam,hanya Allah yang tau dan berkehendak].Lalu batu akik ginggang cocok dipakai oleh semua orang[tidak terikat jenis kelamin,atau  bulan/tahun lahir].
Demikianlah sekilas dengan akik ginggang yang sederhana namun penuh makna,sekian dan semoga ada manfaatnya,untuk kita sekalian.
Cat :Untuk mengkilapkan batu akik secara sederhana dan alami,menurut yang sering kami lihat adalah dengan memakai''daun pisang yang sudah kering'',caranya mudah saja: Ambil daun pisang yang kering,bagian bawah daun tersebut tinggal di gosok gosokan pada batu permata/akik dan ulangi  cara tersebut.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger