APAKAH DALAM DUNIA HEWAN JUGA ADA RASA CINTA ,ATAU HANYA INSTING ??

Adakah rasa cinta bagi sesama hewan?pernahkah kita mendengar tentang hal tersebut lalu apakah ini hanya sebatas insting saja,atau rasa hati yang lebih dalam lagi,saya pernah membuka buka video di youtube dan melihat seekor anjing yang menangis saat pasangannya[betina],mati terlindas mobil dan sijantan sambil duduk disisi jasad si anjing betina,sambil berlinang airmata !.

Kemudian ada contoh lagi dengan jenis burung,yaitu burung merpatiyang setia dengan pasangannya seperti  kita ketahui bahwa burung ini tidak pernah berganti pasangan hingga   salah satu mati,timbul pertanyaan,apakah ini juga sebuah pembuktian cinta,atau hanya sekedar insting saja?

Itu tadi sebuah cerita,naah sekarang pengalaman empiris saya juga pernah melihat hal ini,beberapa tahun yang lalu,kebetulan saya di belikan oleh ayah sepasang  hewan unggas ''angsa''waktu saya pelihara masih kecil kecil[ada sekepalan orang dewasa],semakin hari semakin besar dan beberapa tahun kemudian si angsa tadi tumbuh besar,dan saat itu si jantan saya panggil''Riri'' dan yang betina saya panggil''Rara''.


Bila saatnya memberi makan mereka,pagi dan petang,saya biasakan dengan panggilan''RiRi'',kedua hewan ini kalau mendengar khas suara saya ,dengan panggilan tersebut,asal mereka dengar saja ,tak lama sudah berada di hadapan saya,tinggal saya taruh dua mangkuk bekatul campur ikan sisa makanuntuk makan kedua angsa peliharaan saya tersebut.

Tak berapa lama si betina mulai bertelur ,telurnya besar besar tiga kal itelur bebek besarnya dan rasanyapun lebih gurih/sintal  dari telur bebek,beberapa kali bertelur jarang di tetaskan karena telurnya keburu habis untuk di konsumsi sendiri,dan entah yang keberpa kali bertelur baru saya tinggal 3-4 butir untuk di tetaskan/di erami .

Namun jarang sampai dewasa kebanyakan anak anak si angsa mati terinjak oleh induknya,dan suatu hari timbul gejala gejala sakit pada si betina, terlihat lesu selalu duduk dan jatuh bila berdiri,entah sakit apa saya kurang faham,dan setelah sekitar 3 hari kemudian ,saat saya memanggil ''RiRi''di waktu pagi itu,yang datang cuma si jantan,dan saya lihat di bawah tangga rumah,ternyata si betina sudah tergeletak kaku tak bernyawa.

Apa yang terjadi dengan si angsa jantan?,sejak saat itu ia mulai mulai berubah,liar,
suka menggigit,dan tidak mau makan ,suka berenang ke tengah sungai lalu kami coba berinisiatif dan kami membeli seekor angsa betina lagi [warna coklat],maksud kami sijantan tadi agar punya pasangan lagi,,apa yang terjadi?,entah beberapa hari setelah itu,,pada suatu hari si angsa jantan terbang dan berenang,entah kemana dan menghilang,tak pernah kembali,padahal sudah di gantikan dengan angsa betina yang baru.

Sekarang timbul pertanyaan lagi,apakah si angsa jantan tadi punya rasa cinta? ,,atau hanya sekedar  insting saja?wallahualam!,hingga hari ini manusia belum mampu membuka lebih jauh  tentang dunia hewan,salah satu jenis mahluk ciptaanNya  !,demikian dan semoga manfaat untuk kita kita sekalian  !



Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

1 komentar :

hewan mah cuma punya insting aja keles :P

Balas

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger