SEKILAS DENGAN BAPAK PENDIDIKAN INDIA RABINDRANATH TAGORE !!

Salah satu perintis pendidikan dari belahan Asia selatan tercatat nama seorang India yaitu "Rabindranath Tagore''[1861-1941],ia bersal dari keluarga yang terkenal dalam bidang seni dan keagamaan,ia  lahir disebuah kota yang namanya Calcutta.!!Baca juga tentang : UN SEBAGAI PARAMETER STANDAR MUTU PENDIDIKAN NASIONAL BENARKAH ?

Ibunya tiada sejak ia masih kecil,sehingga membuat Tagore kecil,terlantar tidak ada yang mengurusnya,dan kemudian di asuh oleh seseorang yang berprilaku kurang koopratif dengan perkembangannya,sehingga membuat ia semakin terpuruk dan menderita karenanya.

BAPAK PENDIDIKAN INDIA RABINDRANATH TAGORE
Kemudian tidak beberapa lama setelah itu Tagore kecil dikirim untuk menuntut ilmu oleh ayahnya [Debantarnath Tagore]Ke negeri Inggris maklum saja India memang jajahan Inggris pada waktu itu],untuk mempelajari ilmu ilmu hukum, di sana.

Namun justru Tagore lebih menyukai ilmu ilmu sastra,sehingga ia juga cukup banyak menghasilkan karya karyanya dibidang sastra,misalnya syair syair dan naskah naskah sandiwara,dan karena banyak mendapat pujian dan penghargaan dibidang seni sastra ini,sehingga pada tahun 1913 Rabindranath Tagore mendapat penghargaan hadiah ''Nobel''tertinggi dunia bidang kesusastraan.!!Baca juga tentang : SCHOLARSHIP ATAU BEASISWA UNTUK PENUNJANG PENDIDIKAN !!

Salah satu bukunya yang membuat ia menjadi terkenal adalah''The hope and Despair Of Bengali'',selain ahli seniman ia juga seorang pemusik handal dan ahli Pilsafat,seperti yang kami tuliskan di atas bahwa India juga saat itu dibawah koloni Inggris,sehingga faktor pendidikan juga cukup memprihatinkan [nasib negera negara jajahan di mana dimana hampir sama].

Sehingga membuat Tagore prihatin terhadap bangsanya saat itu,dan ia berfikir pendidikan adalah salah satu power[kekuatan]untuk meningkatkan keadaan warganya/tanah airnya,dan di saat ia berumur sekitar 40 tahun,Tagore telah mendirikan sebuah sekolah yang disebut''rumah damai''atau panti perdamaian yang disebut''Shantiniketan'',yang terkenal.kelak ini adalah cikal bakal sebuah Universitas di Calcutta yang di sebut ''Vishwa Bharati''.

Rabindranath Tagore,tidak hanya mendirikan Shantiniketan akan tetapi juga seklah sekolah yang lainnya seperti ''Sriniketan''atau sekolah pertanian,yang di pimpin oleh anaknya sendiri seorang Insinyur pertanian,nah itulah sekilas tentang bapak pendidikan dari India Rabindranath Tagore,dan semoga ada manfaatnya.salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger