MENGAPA BALON UDARA DAPAT TERBANG DAN PERKEMBANGANNYA !

Kita kadang tidak menyangka dari temuan temuan sederhana dan berujung akan menjadi sebuah temuan yang sangat bermanfaat kelak dikemudian hari,begitu pula dengan sebuah balon udara yang dikembangkan oleh dua bersaudara ''Joseph Michael Montgolfier dan Jaques Entiene montgolfier''dari Annonay.

Seperti kita ketahui bahwa Montgolfier adalah ilmuwan yang hidup di sekitaran abad ke 18,orangtuanya adalah keluarga pekerja keras dan bekerja pada pambrik pembuat kertas,awalnya berasal dari secarik kertas,yang terbakar dan karena ada asap membuat kertas tadi melayang layang,disinilah awal pemikiran kedua bersaudara tadi bermula,sederhana bukan !,kalau kita mau berfikir.

penemu balon udara [Montgolfier Bersaudara]
Dari pemikiran sederhana ini,timbul suatu ide,bahwa bila kertas ditiup asap di bawahnya maka akan melayang karena adanya asap tadi yang menjadi tenaganya untuk terbang,lalu mereka berkesimpulan bahwa asap mempunya zat yang mampu membawa si kertas tadi melayang/terbang,dan mereka mulai melakukan pecobaan demi percobaan,dan hingga pada bulan Juni 1873,mereka telh berhasil membuat balon udara yang panjangnya 112 kaki.

Lalu balon yang dibuat tadi,pada ujung bagian bawah di tempatkan sebuah tungku api,yang asapnya masuk kedalam ruang balon tadi,dan merekanpun menjadi takjub,karena balon mampu naik atau melayang hingga 1000 kaki di angkasa.

Disaat peercobaan tersebut balonnya bukan hanya mampu terbang akan tetapi sudah dapat dikedalikan oleh manusia,dengan bantuan hasil dari pembakaran jerami dan wol,balon Montgolfier mampu menjelajah udara dengan ketinggian udara 1000 kaki dengan kemampuan jelajah 9 km dan dengan waktu 23 menit[lumayan kencang juga si balon ini].

Pada tanggal 21 Nopember 1783,adalah hari yang bersejarah bagi mereka berdua,karena balon yang dirancangnya telah mampu menjelajah lebih dengan membawa  tiga orang yang bernama''Jean Francois Filatre de rozier,Francois Laurent, dan Marquist d'Arlande,diangkasa kota Paris Prancis,atas keberhasilan tersebut mereka mendapat penghargaan dari Raja Louis XVI,dengan gelar bangsawan ''Montgolfier''beserta keturunannya.

Dari cikal bakal pengembangan Montgolfier akan balon udara semakin berkembang semakin maju dan moderen,tercarat dalam sejarah antara lain:
-VF.Hess ilmuwan dari Austria,pada tahun 1911-1912,mampu membuat balon yang mampu terbang tinggi hingga 5 km.

-Juga tercatat nama Auguste Piccard dan Paul Kipfer,dengan memberi tekanan pada kabin,dan mampu terbang lebih jauh ,lalu di lanjutkan oleh Jean Felix Piccard,yang menggunakan balon plastik dari campuran PotyhyleneSkyhook,yang sering di manfaatkan oleh US Air Force,untuk keperluan pengintaian di jaman perang.

-Juga tercatat nama Malcom Ross dan Victor Prather,berhasil membuat balon yang mampu terbang dengan ketinggian 34.668 m,sekitar 5 April 1961 ,balon ini lepas landas dari geladak kapa induk USS Antietam di teluk Mexico,sekitar Oktober 1972.

-Balon tanpa awak yang mampu terbang tertinggi ,adalah balon Winzen,yang mampu terbang hingg di ketinggian 51,8km,di wilayah Chico California[pemecah rekor tertinggi balon ].
Itulah sekilas dengan temuan balon udara dan perkembangannya kini   balon banyak digunakan untuk sarana rekreasi udara ,cuaca dll.demikian semoga ada manfaatnya!

Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger