ISU POLITIS DAN BEBERAPA SETRATEGY HITAM[BLACK SETRATEGY]

Kalau didalam dunia internet ada black hat kalau dalam dunia politik ada black campaign,kalau didunia marketing ada black market dll,dalam strategy memang terkadang ada hal yang harus dimainkan untuk mencapai maksud maksud tertentu.

Lalu kalau didunia politik khususnya ada beberapa strategy yang sering dimainkan untuk mencapai maksud maksud tertentu sehingga tidak jarang strategy tersbeut harus dimainkan oleh penguasa untuk mendongkrak tingkat kepercayaan masyarakat pada hal hal tertentu,misalnya kalau di dunia politik ,dengan melempar issyu dengan cakupan skala tertentu,dan kemudian diredam lagi sehingga masyarakat daerah tersebut kembali lagi kepercayaannya kepada si pemegang kendali.


Kemudian ada lagi strategy black market:Untuk supaya produk dapat di percaya dan mendapat tempat di masyarakat dengan cara mecari cari testimoni palsu atau tetimoni bayaran,sehingga orang orang tersebut berlaku seolah seolah telah menjadi pengguna sebuah produk tertentu.[walau tidak semua melakukan hal tersebut].

Lalu ada lagi strategy bumi hangus:Untuk membebaskan lahan tertentu ,dan sangat sulit untuk melakukan pemindahan,maka dengan jalan straregy bumi hangus terkadang terjadi,setelah terjadi bumi hangus maka lahan langsung dibuat garis kuning ''dilarang membangun disini''.

Kemudian ada strategy pencitraan diri:Misalnya di daerah tertentu terjadi penurunan tingkat kepercayaan terhadap pengambil kebijakan,yaitu dengan cara merekayasa bantuan sosial,dengan tehnik membantu masyarakat,lewat tangannya dengan memakai biaya negera,tetapi yang menikmati manfaat untuk pencitraan adalah dirinya.

Lalu ada lagi strategy kembang api :yaitu dengan dengan menyebarkan isu isu di berbagai tempat ,untuk memecah konsetrasi,sehingga orang tidak menyadari bahwa ada persolan inti ,yang harus di selesaikan,sementara masyarakat sibuk dengan isu isu kecil yang dengan sengaja di tebarkan,seperti ''percikan-percikan  kembang api''.

Semakin besar isu biasanya semakin besar pula target yang menjadi sasaran,misalnya saja untuk menjatuhkan seorang kepala negara,kalau  isunya dengan scope kecil[isu daerah],maka tidak terlalu berpengaruh dengan kedudukan seorang kepala negara,maka harus di carikan isu yang beskala nasional,sehingga gaunggnya akan menyentuk si''target''.

 Contoh isu nasional :Saat Ordebaru sedang gencar gencarnya untuk menjatuhkan Orde lama ,maka isu yang di sebarkan adalah tentang PKI,lalu saat saat reformasi 98,untuk menjatuhkan Ordebaru[pak Harto]isu yang dipakai adalah KKN[korupsi Kolusi dan Nepotisme],kemudian di saat para fihak oposisi ingin menjatuhkan SBY,maka isu yang dipakai adalah skandal bank Century,namun gagal karena isunya kurang menyentuh masyarakat''bawah''.

Target isu yang cepat berkembang harus menyentuh masyarakat kelas menengah ke bawah,maka akan dapat bergulir isu tersebut dengan cepat,OK demikian sekilas coretan pinggiran dan semoga ada manfaatnya.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger