HIDUP MANUSIA YANG STANDAR HARUS TERPENUHI DENGAN TIGA ASPEK INI !!

Ada sebuah anekdot lama yang pernah terbaca oleh saya,beberapa tahun yang lalu''yang mampu mematahkan teori''Maslow''itu hanya orang Indonesia,apa itu teori Maslow,seperti kita ketahui bahwa Maslow adalah seorang ekonom yang handal ,puluhan tahun yang lampau,karena saya masih ingat guru saya di SMU,[SMA],dulu tahun 1982,saat beliau mengajar tentang ekonomi berbicara tentang teori tersebut.

Kalau di sederhanakan teori Maslow sebelumnya ada tiga aspek yang  membuat manusia itu hidup merasa nyaman dan dianggap cukup dalam berkehidupan antara laian :

KEBUTUHAN PAPAN YANG BELUM STANDAR
-Sandang    = Dimana manusia harus mampu memenuhi standar hidup nya,dalam hal mempunyai kemampuan untuk memilik pakaian/membeli pakaian,dan kebutuhan ini,baik dirinya maupun keluarganya terpenuhi[bagi yang berkeluarga].

-Pangan     = Dimana manusia harus mampu memenuhi kebutuhan hidupanya untuk ,keperluan makan di dalam kesehariannya,dan ia tidak merasa kekurangan,apalagi sampai kelaparan,baik ia dan keluargannya [bagi yang berkeluarga].

-Papan      =Dia harus mampu memenuhi kebutuhan untuk mempunyai tempat berlindung[rumah yang layak huni],untuk dia dan keluarga[bagi yang berkeluarga].

Diatas bunyi teori Maslow,dan walaupun teori ekonomi usang,namun nampaknya ,masih banyak manusia yang belum dapat memenuhinya,untuk hidup layak ,dan tentunya kalau kita lihat kehidupan di negeri kita sendiri bukan !

Kemudian ketiga aspek tadi terus berkembang dengan masuknya dua aspek yang juga sangat penting dalam kehidupan ini antara lain :

-Aspek Keamanan= Aspek keamanan juga menjadi sangat vital bagi kehidupan manusia,dan manusia perlu rasa aman,untuk menunjang kehidupan dalam menopang pencaharian mereka,misalnya saja negara negara yang tidak aman selalu terjadi perang,huruhara,jaminan hidup aman tidak ada.

-Aspek Kesehatan =Aspek kesehatan juga sangat vital untuk menunjang,agar manusia berkehidupan dan berkelayakan didalam ia mencari penghidupan,apabila faktor kesehatan pada suatu negara/orang, buruk  maka akan berpengaruh,pada ,kepentingan lainnya.

Demikian tiga aspek ekonomi yang harus ''terpenuhi'',untuk membuatmanusia merasa nyaman dalam berkehedupannya,ditambah dua faktor penunjang ,keamanan ,dan kesehatan,danbiasanya ada yang menambhakan lagi dengan faktor pendidikan,dll.,akan tetapi intinya pengembangan dari teori ekonomi usang ''Maslow''tersebut,demikian dan semoga ada manfaatnya,untuk kita sekalian,salam !
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

2 komentar

itu menurut John Maslow,,namun kl difikir benar juga yaa sob !!,,,,Ok salam trims dah mampir.

Balas

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger