APA SISI POSITIF DAN NEGATIFNYA MENGAJAR SELALU MEMAKAI METODE CERAMAH??

Salah satu metode mengajar yang tertua di dunia ini adalah metode mengajar''ceramah''karena segala sesuatu yang ingin di sampaikan harus melalui yang namanya berbicara atau berceramah sebagai medianya,sedangkan metode metode mengajar yang lain adalah menunjang.!!Baca juga tentang : SISWA AKAN BERMINAT APABILA MENGETAHUI SEGI MANFAAT BELAJAR !!

Tehnik mengajar dengan mengajar dengan ceramah juga dapat disebut dengan metode ''kuliah''oleh sebagian orang,karena kuliah,sedang kata ''kuliah''sendiri sebenarnya berasal dari rumpun [etimology]bahasa Arab yang kurang lebih artinya''fakultas''namun di Indonesia menjadi kata serapan yang artinya''sekolah''tingkat tinggi[pelajaran tingkat tinggi/atas],atau orang sudah lulus sekolah tingkat menengah atas kemudian melanjutkan ke tingkat yang yang lebih tinggi.

Kembali kita pada masalah metode ceramah,tentu semua guru dan insan pendidik sangat akrab dengan yang namanya metode ceramah ini,beberapa hal mengapa metode ceramah sering menjadi pilihan antara lain:

I.BEBERAPA KEMUDAHAN DALAM MENGAJAR MEMAKAI METODE CERAMAH.
-Guru lebih mudah menerangkan/menjelaskan topik pelajaran yang di sampaikan.

-Ringkas dalam pelaksanaannya,dan tidak memerlukan perangkat lainnya.

-Dan dapat diikuti oleh banyak peserta,atau siswa yang mengikuti pelajaran.

-Guru cukup mudah dalam penguasaan kondisi kelas[ruangan ].

-Cukup mudah mengatur kondisi kelas,baik tempat duduk,meja dan pengaturan siswa lainnya,misalnya yang kurang normal dalam hal indra,dll.

-Tidak memerlukan biaya tambahan dalam pelaksanaannya.

-Dapat dipadukan dengan hampir semua metode yang lainnya.

-Penjelasan dapat diulang dengan menyesuaikan waktu yang ada.

II.BEBERAPA SISI KEKURANGAN METODE CERAMAH.
Namun dari sisi sisi positif tadi metode ceramah juga mempunya beberapa sisi kurangnya antara lain 
-Akan membosankan bagi siswa,bila guru terlalu sering menggunakan metode ceramah ini.
-Siswa akan menjadi verbalisme[sesuai dengan teks buku],kurang berkembang,apa yang di jelaskan guru,yaa hanya itu saja yang mereka ketahui.

-Akan merugikan bagi siswa siswa yang sedikit kurang di dalam indra pendengaran,apalagi posisi duduk mereka asal asalan[guru tidak memahami kondisi kekurangan siswanya].

-Perkembangan siswa secara Kognitif,Afektik dan Psikomotorik,lebih mengarah ke pasif[pendengar saja],dan bagi siswa yang minder[rendah diri],tidak akan beraktifitas/jarang bersuara],sehingga guru kebanyakan terpaku pada yang aktif saja.

Itulah sekilas dengan sisi positif dan negatif metode ceramah,tinggal bagaimana guru mensiasatinya agar metode ceramah ini dapat menjadi ''dagangan''yang laku dijual,kepada siswanya,dan sekian semoga ada manfaatnya.

Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger