APA ITU LUKISAN BAROK DAN SENI LUKISAN ROCCOCO !!

Apa yang dimaksud dengan lukisan ''barok''atau lukisan jaman barok,kata barok sendiri secara etimology berasal dari rumpun bahasa Yunani yang pengertiannya ''tidak beraturan''atau dengan kata lain ''penyimpangan'',aliran lukisan barok ini berawal dari Italia sekitar abad ke 7 dan abad ke 8M.

Sang pelopornya adalah ''Michael Angelo''dan Pallaidio,dan mereka sangat menyukai dan menjiwai dengan faham yang mereka yakini tersebut yaitu gaya aliran barong,dan kemudian faham ini terus berkembang ke semenanjung Eropa seperti ,Skandinavia,Jerman,Belanda,Swedia Inggris dan beberapa negara Eropa lainnya.

Rembrant Van Rijn
I.CIRI CIRI LUKISAN ALIRAN BAROK:
-Sapuan pada kanvas agak lebar lebar.
-Warna warna seperti menyilang[silang].
-Komposisi dibiarkan tidak seimbang. 
-Nampak lebih sugestif bila di pandang.
-Dinamis.

Beberapa tokoh lain selain Michael Angelo,adalah Frans Hals,Rembrant van rijn    dan Peter paul Rubens,yang berguru langsung pada pelukis legendaris Italia si Michael Angelo,dan Titian,dengan melukis tubuh manusia dengan penuh serat serat otot,dengan gaya barok realisme.

Salah satu tokoh aliran barok yang terkenal adalah ''Rembrant''[1607-1669]seorang pelukis asal Belanda dengan judul lukisannya''The Night watch''dan ''Etsa'',Rembrant termasuk tokoh yang fanatis dalam pengembangan seni lukis barok ini. 

Seperti zaman tentu ada kalanya pasang surut dan masuk abad ke 18,abad kemuduran jaman lukisan seni barok,dan digantikan dengan jaman ''Roccoco''asal kata dari ''Rocaille''artinya kulit kerang ,dimana seni hiasan dari kulit kerang sangat digemari di jaman itu,namun tidak bertahan lama karena dianggap mutu imajinasinya agak rendah,dan salah satu tokohnya adalah''Jean Antoine Watteau''.

II.CIRI CIRI SENI LUKISAN JAMAN ROCCOCO:
-Terkesan dpaksakan.
-Terkesan dibuat buat.
-Nampak lebih fantastik.
-Lebih banyak menggunakan pewarnaan cahaya.

Itulah sekilas tentang dua aliran seni lukis yang juga pernah berjaya ,di dalam dunia perkembangan seni lukis tentunya,dan semoga info sekilas ini ada manfaatnya.

Cat:Sekilas tentang lukisan ''legendaris'' Michael Angelo'' si ''Monalisa''yang melukiskan tentan seorang bangsawan wanita dari''Florence''yang tersimpan di museum art''Louvre''Paris Prancis,dan pernah hilang di curi,1971 dan kemudian kembali lagi.



Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger