TIGA KARAKTER UTAMA TES EVALUASI PADA SISWA YANG HARUS DILAKUKAN !!

TIGA KARAKTER UTAMA TES EVALUASI PADA SISWA YANG HARUS DILAKUKAN  !!Apabila kita ingin melakukan pengukuran untuk mengetahui sesuatu,maka yang perlu kita ketahui adalah tentang alat ukurnya itu sendiri,dan alat ukur yang dianggap memenuhi persyaratan dalam penentuan sebagai alat ukur adalah harus mempunyai tiga karakteristik termasuk juga alat ukur tes belajar terhadap siswa yang akan kita lakukan   antara lain  :

1. Unsur Validitas :Unsur yang utama dalam sebuah tes yang diberikan harus valid,kita harus mengetahui  apa yang ingin kita ukur,dan  juga harus spesifik dan tujuan terarah serta pada kondsi tertentu.!! Baca juga tentang : LIMA ASPEK YANG HARUS DI LAKUKAN GURU UNTUK DIAGNOSA KESULITAN BELAJAR SISWA !


2.Unsur Reliabilitas:Unsur yang utama juga harus reliabel,artinya guru harus konsisten dengan apa yang diukurnya dengan tidak merubah pola pola yang sudah ditentukannya sendiri,contoh,misalnya kalau kita memberi nilai terhadap harus sesuai dengan pola hasil kerjanya,[murni],agar kita benar benar mengetahui tingkat kelemahan si anak tersebut[jangan menggunakan standart ganda misalnya karena kasihan lalu ia dapat nilai tinggi,atau ia rajin lalu dapat nilai baik,dll].!! Baca juga tentang : PERLU DI KETAHUI KELEMAHAN TENTANG CARA BELAJAR MEMBACA DENGAN METODE MENGEJA !

3.Unsur Usabilitas: Unsur yang utama juga dimana kita harus melihat mengenai mudah /tidaknya suatu penyelanggaraan tes belajar,atau skor nilai yang sulit,faktor biaya dll,faktor usabilitas lebih mengarah kepada penyelenggaraan sebuah tes,mengapa hal ini dianggap cukup penting juga karena dapat saja akan mempengaruhi kedua faktor utama diatas tadi,sehingga membuat tes menjadi tidak valid dan reliabel,contoh saat penyelenggaraan UN[ujian Nasional]misalnya ternyata soal tes kurang maka beberapa anak harus menunggu beberapa menit ,sementara anak anak lain sudah berjalan ,walau ada penambahan waktu,namun tetap saja unsur validitasnya kurang,ata saat penyelenggaraan tes, pengawasnya tidak tertib aturan dll.!! Baca juga tentang  : METODE MENGAJAR BRAINSTORMING DARI SISI MANFAAT SERTA KELEMAHANNYA !

Itulah ketiga unsur utama dalam penyelenggaraan sebuah tes,yang hendaknya di mengerti oleh oleh Guru/pendidik atau penyelenggara pendidikan,agar hasil tes tersebut lebih dapat menjamin tingkat kualitas sebuah tes yang dilakukan dan objektif.Demikian dan semoga ada manfaatnya,salam blogger !
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger