SEKEDAR ANTISIPASI BIAR AMAN KALAU UPLOAD VIDEO PADA YOUTUBE !!

Baru baru ini sedang surfing di dunia maya kemudian tersangkut,di blognya mangyono.com,membaca posting beliau tentang akun youtube beliau di nonaktifkan oleh fihak yang berwenang,dengan beberapa indikasi pelanggaran hak cipta.

Memang antara pelanggaran hak cipta itu dengan tidak melanggar hak cipta terkadang perbedaan nya sangat tipis sekali,termasuk beberapa video saya kena semprit,untung bukan pelanggaran berat sehingga masih dapat toleransi oleh fihak berwenang.

Kalau kasus saya ,adalah terupload dobel video sendiri,sehingga tertulis dupilkat konten,namun untungnya tidak yang menuntut,karena milik sendiri!,juga kemudian lagi memang ada beberapa juga video yang dianggap duplikat konten,namun begitu mendapat teguran secepatnya saya hapus atau saya pakai mode pribadi[bukan untuk dimonetis].
Ada beberap hal yang dapat kita kita perhatikan sebelum upload video pada you tube,dan khususnya yang di monetis,antara lain :

1.Jangan memakai musik orang lain dengan alasan apapun,misalnya kita upload tentang tingkah laku anak kita yang lucu,lalu biar kelihatan bagus atau di dengar bagus ,kita masukan sebagai background[musik latar]nya misalnya musik nya Pasha Ungu,dll,memang videonya asli milik kita namun musknya milik fihak ketiga[ini rawan sekali bila kita nekad menguploadnya],terkecuali kta dapat ijin tertulis,daari fihak ketiga tersebut.

2.Mungkin kita menganggap tidak masalah,namun fihak youtube hal ini sudah masuk ranah pelanggaran,misalnya:saat ada acara hajatan,sunatan,pernikahan,atau acara hiburan umum lainnya,kemudian kita rekam lalu kita upload pada youtube,hal ini juga sudah masuk pelanggaran,karena saya sendiri pernah dapat teguran ringan[peringatan dini],dan buru buru saya hapus secepatnya,boleh saja asal suara musik tersebut tidak tajam .misalnya musiknya agak''noise'',atau tidak secara langsung.[misalnya saat kita mengambil video sebuah kejadian,lalu beberapa puluh meter di dekat kita ada acara nikahan,dll,kemudian musiknya terdengar pada video kita nah ini yang kami maksud tidak langsung tersebut].

3.Mungkin secara iseng karena ada acara sepak bola  dll ,kemudian salah satu scene goalnya yang ciamik kita ambil,dan kita upload,ini juga termasuk pelanggaran hak cipta[cepat atau lambat akan 
kena razia]yang berwenang.

ANTISIPASI VIDEO SIAPA TAU BERHAK CIPTA
4.Lalu acara acara live musik,atau ada artis datang di tempat kita,dan kemudian kita upload,ini juga termasuk dalam pelanggaran hak cipta jadi jangan di coba coba,kecuali untuk bukan di monetis.

5.Memang ada musik gratisan[non royalty],akan tetapi kita juga agak berhati hati dalam memilihnya,karena dapat saja musik tersebut bebas royalty,tetapi di beberapa negara justru tidak membolehkannya,karena saya pernah membuat video dengan latar musik free,dan dapat peringatan warna merah,bahwa musik tersebut di larang di beberapa negara,daripada repot lebih baik saya hapus buru buru,yang penting aman.


Itulah kira kira yang dapat kita antisipasi sebelum upload video pada youtube,apalagi untuk di monetis,lalu bagaimana vidoe yang aman??,Video yang aman hasil karya sendiri,tanpa embel embel musik apapun[natural saja].

Wah kalau buatan kita jelek/buruk,tidak masalah yang penting aman,youtube lebih suka yang natural and original made In yang punya akun.,,demikian dan semoga manfaat.
Cat : sebenarnya yang bagus itu ,kita minta ijin tertulis,pada fihak ke tiga yang punya hak cipta,dan kalau di bolehkan ,lebih baik [tinggal atur perjanjian kedalam,dengan yang punya hak ciptanya].

Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

2 komentar

kalau klik sendiri video yang di upload kita apa masuk pelanggaran sob?

Balas

Sebenarnya juga tdk boleh,,akan tetapi tdk terlalu ketat(jgn keseringan buka lewat youtubenya,,,buka aja lwt pengelola videonya,,jd tidak dihitung tayangan (sy pun kadang pengen cepat buka sesekali lwt youtubenya

Balas

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger