PERLU DI KETAHUI KELEMAHAN TENTANG CARA BELAJAR MEMBACA DENGAN METODE MENGEJA !

APAKAH YANG DI MAKSUD DENGAN ESTETIKA ITU ?? PERLU DI KETAHUI KELEMAHAN TENTANG CARA BELAJAR MEMBACA DENGAN METODE MENGEJA !Sewaktu jaman saya sekolah dasar dahulu yang paling banyak di dengar adalah cara belajar dengan''mengeja''kemudian katanya metode mengeja yang sudah di pakai ratusan yang lalu banyak mempunyai kelemahan kelemahan,bila dibanding dengan metode SAS[Struktural Analitis Sintesis]ini ada beberapa langkah langkah dalam metode membaca dengan system  atau cara ''mengeja'' antara lain adalah :
 I.Metode belajar membaca dengan mengeja .

-Dimulai dari huruf dan setiap siswa di ajarkan bunyi dari tiap tiap huruf.

-Setelah siswa hafal dengan bunyi setiap huruf dan kemudian huruf dirangkai menjadi suku kata,lalu siswa dilatih untuk merangkai suku kata tadi secara terus-menerus.

-Murid di ajarkan merangkai suku kata,menjadi kata kata,setelah siswa hafal dengan suku kata,kemudian siswa dilatih untuk merangkai suku kata,dan dengan memperbanyak perbendaharaan suku kata dan semakin banyak semakin bagus.

-Kemudian setelah siswa dapat membaca kata kata dan dilanjutkan membaca kalimat yang telah disusun dari kata kata yang telah di berikan .

-Akhirnya siswa dapat membaca cerita sederhana,yang merupakan rangkaian kata kata yang di hafalnya selama ini,dan semakin banyak kata yang dihafalnya,maka semakin banyak pula ia mengerti dengan arti kata kata.!! Baca juga tentang  : TIGA KARAKTER UTAMA TES EVALUASI PADA SISWA YANG HARUS DILAKUKAN !!

II.Menurut salah seorang ahli pendidikan''Gestalt''ada beberapa sisi kelemahan metode mengeja antara lain adalah :

-Waktu yang diperlukan antara membaca mengeja dengan membaca wajar lebih lama,terkadang hingga kelas VI siswa masih membaca dengan sistem ''eja''.

-Saat murid membaca suara atau vokalnya masih terputus-putus,kurang sempurna,karena setiap selesai satu suku kata ,siswa akan jeda sebentar untuk mengeja kata kata berikutnya,dan hal ini terkadang masih di temukan saat si anak sudah di SMP.


-Lagu membaca terkesan kurang sempurna,dan cen
derung berlagu-lagu,dengan akhiran agak melengking[naik].

-Saat membaca,sianak cenderung kurang memahami arti atau makna kata/kalimat yang dibacanya,karena si anak hanya diberi pelajaran teknis membaca saja.

-Cepat membosankan karena terlalu sering memakai pengulangan kata atau kalimat,dengan artian yang tidak di mengerti oleh si anak  lalu pemecahan masalah dalam bentuk lain tidak ada selain mengulang dan mengulang !.

Demikinlah sekilas dengan beberapa kelemahan mengenai metode belajar membaca ''ejaan''atau dengan cara mengeja.,dan semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian,salam blogger !!Baca juga tentang  : apakah-yang-di-maksud-dengan-estetika ?
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger