METODE PENGAJARAN PROYEK DI TINJAU DARI SISI KEUNGGULAN DAN KELEMAHANNYA !

Di ssat saya masih sekolah Guru [SPG]dahulu ada seorang guru Didaktik /Metodik saya mengatakan tentang metode mengajar,ssat beliau ditanya apa metode yang paling baik,beliau menjawab ,semua itu pada prinsipnya baik semua,asal guru memahami keunggulan dan kelemahan sebuah metode tersebut,kata beliau metode yang paling baik itu adalah metode yang membuat anak  didik kita cepat mengerti dan memahami dengan apa yang kita ajarkan[tidak tergantung metode apapun itu namanya].

Salah satu metode yang perlu di fahami Guru ialah metode mengajar proyek atau ''metode proyek'',apa itu metode proyek? metode proyek ini bertitik balik pada suatu permasalahan ,yang dibahas secara bersama dari segala lini dan aspek menyeluruh,agar pemecahan masalahnya mendapatkan hasil yang memuaskan.

Contoh misalnya sebuah bidang bahasan pada pelajaran Biology,saat ada suatu hal yang perlu pembahasan secara menyeluruh ,maka ia akan terkait dengan bidang pelajaran Kimia,bahkan juga ada kaitannya dengan bidang pelajaran Ekonomi, serta juga terkat  ilmu bidang kesehatan  dll [yang ada kaitannya dengan permaslahan pada materi pokok bahasan .!!Baca juga tentang : LIMA HAL YANG DAPAT DILAKUKAN ORANGTUA DALAM UPAYA MEMBANTU MUTU PENDIDIKAN !


I.Beberapa keunggulan metode Proyek ini antara lain  :

-Dapat memperluas cakrawala berfikir siswa,yang akan bermanfaat pada kehidupan ini.

-Membina prilaku siswa agar mampu dalam penerapan pengetahuannya dan ketreampilannya untuk kehidupan sehari hari dan masyarakat.

-Mengasah kemampuan individual siswa dalam kelompok dan kekompakan.

-Mengembangkan aktifitas,kreatifitas siswa,serta pengalaman secara personal.

-Memberikan pembelajaran pada siswa berfikir secara kompleks,menuntaskan permasalahan yang di hadapi siswa.

Itulah beberapa sisi kenggulan metode mengajar Proyek yang juga dapat di lakukan oleh guru,untuk meningkatkan mutu pengajarannya,kepada siswanya.

II.Beberapa fakor kelemahan metode Proyek ini antara lain :

-Perlu persiapan yang matang dan terkoordinasi dengan fihak terkait,misalnya guru guru lainya yang menangani bidang pejarannya masing masing terkait.

-minimnya perangkat penunjang dapat menyebakan meode ini tidak berjalan sebagai mana mestinya.

-Bahan yang dibahas akan menjadi meluas,tanpa adanya koordinasi yang intens dapat saja  menjadi bias,serta akan menjadi kacau.[lepas dari tujuan pokok].

-Pemilihan topik yang tepat untuk dijadikan sebuah pokok permasalahan yang di bahas bukan hal mudah untuk di  lakukan.

Itulah beberapa sisi kelemahan dari metode proyek ini,namun kalau semuanya menunjang untuk dilaksanakan kenapa tidak,karena metode proyek ini mempunyai manfaat yang luarbiasa,karena hasil dari pembahasan sebuah topik yang jadi maslah,dapat saja akan menjadi kerangka acuan ,yang di pakai oleh berbagai fihak yang memerlukannya,karena hal tersebut hasil dari sebuah kajian dari berbagai lini.
Demikian dan semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian,dan salam blogger !
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger