METODE PENGAJARAN KARYAWISATA DI TINJAU DARI SISI KEUNGGULAN DAN KELEMAHANNYA !

METODE PENGAJARAN KARYAWISATA DI TINJAU DARI SISI KEUNGGULAN DAN KELEMAHANNYA !Kadang kadang kita harus mencoba dahulu tentang sebuah metode mengajar tersebut agar kita dapat mampu memahami dan memaknai sebuah metode pengajaran,karena tidak selamanya metode metode menajar tersebut cocok di laksanakan ,karena keterkaitan dengan situasi dan kondisi di lapangan itu sendiri dan akhirnya terpulang kepada si Guru itu sendiri.

Tentu para guru dan insan pendidik telah mengetahui dengan salah satu metode pengajaran yang juga dapat dilakukan kita adalah metode ''karyawisata'',lantas juga kadang timbul pertanyaan apa beda Karya wisata dan Darmawisata?kalau :

-Karyawisata :jalan jalan ke suatu tempat sambil menghasilkan sebuah karya,baik di tempat yang kita kunjungi atau setelah pulang dari kunjungan,ada sebuah yang dapat kita pebuat.

-Darmawisata:jalan jalan ke suatu tempat sambil membantu,masyarakat sekitar yang kita kunjungi,misalnya kita melakukan darmawisata ke sebuah desa tertinggal,dan disana kita melakukan sesuatu yang sifatnya sosial kemasyarakatan.

Baiklah kita kembali pada pengertian metode Karyawisata dalam hal pengajaran tentunya,misalnya kita membawa para siswa kita kesuatu tempat yang dikunjungi dan ada keterkaitan dengan materi pengajaran kita,misalnya siswa kita ajak ke tempat bersejarah,karena memang kita adalah mengajar pada bidang sejarah dan sedang membahas tentang Kesultanan jokja,dan untuk memberikan efek kognitif dan afektf,maka kita adakan kunjungan  ketempat bersejarah misalnya keraton kesultanan Jokjakarta.!! Baca juga tentang  : METODE MENGAJAR PEMBERIAN TUGAS[RESITASI]ANTARA KEUNGGULAN DAN KELEMAHANNYA !!

Sepulang dari kunjungan tersebut setiap siswa kita suruh membuat laporan tertulis dan lisan ,terhadap sesuatu objek yang telah dikunjungi tadi,secara personal [lebih baik]dan boleh juga secara kelompok,lalu juga metode karyawisata mempunyai beberapa keunggulan antara lain :

 I.Beberapa sisi keunggulan metode pengajaran Karyawisata ;
-Informasi yang didapatkan siswa setelah berkunjung,lebih aktual dan lebih luas dan lengkap,ketimbang cuma mendengarkan ceramah Gurunya saja.

-Siswa akan lebih lekat daya ingatnya setelah melihat sendiri tentang suatu objek yang di ceritakan /dijelaskan Guru di depan kelas.

-Metode Karyawisata termasuk sebuah metode yang moderen dan tentunya banyak hal hal yang positif dan lebih di sukai siswa,karena ada unsur'' tamasya'',membuat lebih fresh dengan suasana yang monoton ,setiap hari selama 1 tahun berada di ruang kelas itu itu saja.

II.Beberapa sisi kelemahan metode pengajaran Karyawisata :
-Karena melakukan perjalanan maka tidak dapat dihindari dari segi biaya yang cukup besar ,dan tentunya cukup sulit bagi anak anak ,apalagi orangtuanya yang ber ekonomi lemah.

-Juga memerlukan perencanaan yang matang,dan kemudian komunikasi dengan  fihak terkait pengelola tempat yang akan di kunjungi harus sudah final sebelum berangkat.

-Dari sisi keamanan dan keselamatan juga cukup berisiko tinggi,dan hal ini pula perlu pemikiran yang saksama dari Guru/ fihak sekolah.

-Koordinasi yang kurang profesional,malah metode ini kurang membawa hasil yang signifikan,karena ujung ujung lebih banyak ''tamasya''nya daripada ''edukasinya''

-Mengorbankan waktu pelajaran lainnya,apabila di laksanakan pada hari aktif,karena waktunya yang tidak tentu.

-Pisik para siswa akan lebih terkuras selama perjalanan ketempat objek yang dituju,dan cukup 
berdampak pada ke esokan harinya ,bagi beberapa siswa yang kebetulan lemah secara pisiknya.

Itulah beberapa sisi kelemahan metode mengajar  karyawisata,akan tetapi juga patut di coba kalau segala sesuatunya sudah siap di laksanakan,Dan demikian semoga kira ada manfaatnya untuk kita sekalian ,salam blogger !
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger