METODE MENGAJAR PEMBERIAN TUGAS[RESITASI]ANTARA KEUNGGULAN DAN KELEMAHANNYA !!

Salah satu metode belajar mengajar yang juga sangat bagus untuk kita pakai di dalam mengajar adalah metode ""pemberian tugas atau resitasi''dan metode pemberian tugas ini dapat di lakukan di dalam kelas,tau diluar kelas dan bahkan dirumah sekalipun,tetapi bukan pekerjaan rumah[PR],tugas resitasi ini lebih luas cakupannya dari sebuah PR[pekerjaan Rumah],dan dapat dikerjakan secara kelompok atau individual,dampak positifnya sangat bagus untuk merangsang untuk aktif dalam belajar.!! Baca juga tentang : METODE PENGAJARAN PROYEK DI TINJAU DARI SISI KEUNGGULAN DAN KELEMAHANNYA !

Metode pemberian tugas[resitasi]biasanya di berikan oleh Guru bilamana antara waktu penyajian yang sedikit sedangkan bahan pengajaran masih cukup banyak yang harus di lakukan,maka metode inilah yang bagus dilaksanakan,agar mencapai target pengajaran sesuai dengan kalender pendidikan yang sudah di tetapkan.!! Baca juga tentang  : OVIDE DECLORY PERINTIS TENTANG PENTINGNYA ILMU PENDIDIKAN DAN PSIKOLOGY BAGI GURU !

Adapun tugas tugas yang dapat di berikan pada siswa adalah semacam :
-Pembuatan laporan.
-Tugas penelitian.
-Tugas melakukan resume[merangkum ]
-Dll [sesuaikan dengan kondisi di lapangan].

METODE MENGAJAR PEMBERIAN TUGAS[RESITASI]

Di dalam memberikan tugas tentu harus menyesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa kita,dan diberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai sistematika dalam pengerjaan tugas tersebut sehingga siswa dapat dengan mudah melakukannya,dan tidak minta bantuan kepada orang orang di sekitarnya[apalagi kalau tugas tersebut di bawa pulang].

I.Beberapa keunggulan metode pemberian tugas[Resitasi]:
-Dapat memupuk rasa tanggung jawab terhadap siswa siswa kita.

-Dapat memupuk rasa kerjasama antara sesama siswa saat mereka melakukan kerja kelompok.

-Dapat memupuk tingkat kreatifitas siswa.

-Dapat memupuk sifat kemandirian siswa.

II.Beberapa kelemahan metode pemberian tugas[resitasi]
-Siswa sulit dikontrol oleh Guru,tentang pengerjaan tugasnya,dapat saja si siswa minta bantuan orang lain bila sudah diluar pengawasan gurunya.

-Guru sulit mengontrol siswa mana saja yang aktif dan pasif,karena kebiasaan tugas kelompok hanya beberapa saja yang aktif .

-Agak sulit memberikan tugas pada siswa,mengenai tingkat kesulitan sebuah tugas yang di berikan antara siswa dengan siswa lainnya.

-Dalam beberapa hal terkadang harus mengeluarkan biaya,bagi siswa karena adanya bahan bahan yang di beli secara mandiri,untuk sebuah penyelesaian tugas tersebut,misalnya ,saat seorang Guru bidang elektro,memberikan tugas,maka siswa akan membeli bahan bahan yang di perlukannya.

-Terlalu sering memberikan metode tugas dapat membebani siswa,apalagi tugas tugas itu bersamaan datangnya dari guru guru yang lain,yang juga sama sama memberikan tugas kepada siswa.
Itulah sekilas dengan tehnik mengajar dengan menggunakan metode pemberian tugas[resitasi],dan semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian dan salam blogger !

Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger