METODE MENGAJAR DEMONTRASI DARI SISI KEUNGGULAN DAN KELEMAHANNYA !

Salah satu metode mengajar yang juga sangat bagus untuk di laksanakan saat kegiatan belajar mengajar berlangsung adalah metode''demontrasi''menilik kata dar demontrasi tentu sudah jelas ada sesuatu yang di perlihatkan/dipergakan saat kita mengajar.!! Baca juga tentang : KENALI EMPAT BENTUK PELANGGARAN DISIPLIN SISWA YANG SERING TERJADI DI KELAS !!

Tentu tidak semua hal dalam materi ajar kita,harus menggunakan metode ini,artinya menyesuikan dengan keperluan atau kondisi di lapangan saat kita kelakukan kegiatan belajar/mengajar selain itu pula melihat kelengkapan media peraganya.


 I.Disini ada beberapa keunggulan dari metode demontrasi :

-Proses belajar akan lebih menarik karena ada media visual yang dilihat.

-Merangsang minat siswa pada media yang kita peragakan.

-Mampu membuat materi ajar lebih jelas,dan lebih kongkrit sehingga siswa akan lebih cepat mengerti dan memahami dengan materi yang guru paparkan,utama mengenai materi ajar
yang berhubungan dengan sesuatu yang di demontrasikan.

-Dapat berkesan lebih dalam,apalagi mengikut sertakan siswa dalam kegiatan belajar ,mengajar tersebut.

Itulah beberapa keunggulan metode mengajar dengan metode demontrasi dan patut kita coba,bila kondisi memungkinkan untuk dilaksanakan,namun walaupun ada beberapa keunggulannya juga ada sisi kelemahannya antara lain :
II,Sisi kelemahan metode pengajaran demontrasi

-Memerlukan kesiapan peralatan yang berhubungan dengan kelengkapan saat metode demontrasi di laksankan,dan tentunya biaya,tempat dll.

-Metode demontrasi harus di lakukan guru yang memang menguasai tentang alat./media yang akan di demontrasikan,kalau kurang mengusai sebaiknya lakukan pendalaman dahulu.

-Memerlukan waktu yang lebih panjang sehingga saat siswa siswa mendapat gilirannya waktu tinggal sedikit dan tidak tuntas[perlu waktu yang khusus].
Baca juga tentang  : APA PENDAPAT ALIRAN NATURALISME TENTANG PENDIDIKAN ANAK ??
Itulah sekilas tentang metode mengajar demontrasi dan keunggulannya serta sisi sisi kelemahannya,kendala kita sebagai guru sebenarnya kebanyakan terletak  pada kelengkapa medianya dan kesiapan kita dalam penguasaan medianya,hingga sekarang masih banayk guru guru yang belum mampu mengoperasikan computer dan internet,bisa jdi memng keterbatasan tadi atau hal hal lainnya.
Demikian dan semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian,dan salam blogger !.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger