LIMA ASPEK YANG HARUS DI LAKUKAN GURU UNTUK DIAGNOSA KESULITAN BELAJAR SISWA !

LIMA ASPEK YANG HARUS DI LAKUKAN GURU UNTUK DIAGNOSA KESULITAN BELAJAR SISWA !Sebagai Guru atau pendidik tentu kita akan selalu berhadapan atau menemukn problematika siswa yang kesulitan dalam menerima pelajaran atau juga bermasalah dalam transformasi pelajaran ,ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mendiagnosa kesulitan belajar anak ,kita dapat melakukan prosudur dengan langkah langkah dari seorang ahli pendidik''Weener And sent'',adapun langkah langkahnya antara lain adalah :

1.Yaitu melakukan obsevasi kelas secara menyeluruh,untuk melihat prilaku atau tindak tanduk yang menyimpang saat mengikuti proses belajar di kelas.!! Baca juga tentang  : TIGA KARAKTER UTAMA TES EVALUASI PADA SISWA YANG HARUS DILAKUKAN !!



2.Lalu juga memeriksa kesehatan indrawi[alat indra],penglihatan pendengaran si siswa yang kita duga mengalami kesulitan dalam menerima pelajaran[kalau perlu membuka file track record [rekam jejak]kesehatan anak]yang bersangkutan biasanya ada pada buku laporan pendidikan.

3.Memberikan tes diagnostik,pada bidang kecakapan tertentu ,atau mata pelajaran khusus untuk mengetahui hakihat dari kesulitan belajar si siswa.

4.Lalu di upayakan memanggil orangtua/wali murid,dalam upaya kita menggali informasi mengenai keadaan ihwal keluarganya,dan mungkin saja penyebab kesulitan belajar justru ada pada keadaan keluarga si siswa yang kurang harmonis[tidak kondusif].

5.Kemudian,
  kita juga dapat melakukan tes IQ[intelegensia]pada siswa yang diduga mempunyai kesulitan belajar tersebut.

Itulah lima aspek tentang diagnosa kesulitan belajar yang harus di lakukan Guru/pendidik ,bila ingin melakukan,melakukan pemecahan problematika kesulitan belajar pada siswa kita,sehingga dapat mengidentifikasi atau mengerucutkan permasalahan tersebut,dan lebih mudah dalam melakukan tes berikutnya untuk memastikan apa saja langkah langkah selanjutnya ,yang harus di lakukan !
Demikian dan semoga ada manfaat walau hanya sekilas info,salam blogger !!.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger