LIKU LIKU JOHANN PESTALOZZI PERINTIS SISTEM PENDIDIKAN KLASIKAL !!

  LIKU LIKU JOHANN PESTALOZZI PERINTIS SISTEM PENDIDIKAN KLASIKAL !!Tak lengkap rasanya kalau kita tidak mengenal ,walau hanya secercah informasi mengenai bapak pendidikan system klasikal yaitu''Johann Heinrich Pestalozzi''[1746-1827]ia hadir di penghujung abad ke 18 dan memasuki abad ke 19. !! Baca juga tentang : SEKOLAH SAMBIL BEKERJA METODE BELAJAR DARI GEORGE KERSCHENSTEINER !!

Johann seorang yang sangat respek dengan anak anak ,utama anak anak miskin dan terlantar,Johann seorang yang berkebangsaan Swiss yang lahir di kota Zurich,ayahnya seorang ahli pengobatan[tabib]meninggal saat ia baru berusia 5 tahun,dan kemudian dididik oleh ibunya yang sangat menyayanginya dan memanjakannya,pelajarannya yang di sukainya saat itu adalah bibel ,dan ia seorang yang suka berteman terhadap sebayanya.


Sebagai orang yang suka membaca bibel dari kecil,dan punya pengaruh besar pada dirinya,membuat ia berkeinginan menjadi rohaniawan[pendeta],maka ia mengunjungi sekolah sekolah ke agamaan saat itu ''Collegium Carolinum''. !! Baca juga tentang : BENARKAH PEMBAWAAN DAN LINGKUNGAN BERPENGARUH PADA PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN ANAK !!

JOHANN PESTALOZZI PERINTIS PENDIDIKAN KLASIKAL
Namun saat ia berusia menginjak 20 tahun ia mulai merasa kurang betah dengan situasi di sekolah tersebut ,namun ada beberapa hal yang ia peroleh mengenai pribadi pribadi para gurunya atau para Professor yang mengajar mereka mempunyai sikap dan sifat yang menarik bagi Johann muda saat itu,seperti sifat ingin merdeka[kebabasan berfikir],derwamawan,cinta tanah air dll.

Rupanya ini sangat berkesan dengan Johann,dan membuat ia sangat terketuk hatinya,pada rakyat yang menderita saat itu,apalagi setelah ia berkunjung pada sebuah desa ,dimana sang kakek menjadi pendeta dan ia melihat langsung dengan penderitaan rakyat.

Maka timbul dan tergerak hatinya,untuk membantu warga di dalam hal pendidikan,karena ia yakin dengan pendidikan akan mampu merubah nasib rakyat saat itu yang sedang dalam kemiskinan,di dalam tindakan pemikiran nampak sekali ia dipengaruhi oleh para pendahulunya,buku kuku karya''Rousseau''dilalap habis olehnya seperti ''Contrat Social dan Emile''.

Tidak mudah bagi seorang Pestalozzi untuk menggapai keinginannya,ia berapa kali gagal,menjadi pengusaha gagal dengan utang menumpuk,istrinya sakit-sakitan dan ia sendiri menjadi depresi,namun tidak berkepanjangan iapun bangkit kembali,dan dengan sisa semangatnya untuk membantu sesama,maka ia mulai menjadi penulis yang  membuahkan karya karyanya seperti :
-Renungan di waktu malam seorang pertapa.
-Pendidikan Individual.
-Pendidikan Sosial.
-Pendidikan Religi.
-Lienhard And Gertrud[buku ini menjadi fenomenal dan tonggak sejarah terkenalnya  seorang Pestalozzi],dan buku ini pula yang membuat ia di kenang hingga saat ini,utama dalam dunia pendidikan.

Ia dikenal sebagai bapak pendidikan untuk memperbaiki ekonomi/derajat rakyat yang miskin ,karena dengan pendidikan maka rakyta miskin akan menjadi setara dengan orang orang kaum terhormat/kaya,dan ia seorang penganut system pendidikan ''klassikal'',artinya sekolah itu harus memakai ruang/rombong kelas sesuai dengan tingkatannya.!! Baca juga tentang : LULUSAN SEKOLAH KEGURUAN JUGA BANYAK PELUANG PEKERJAAN MENANTI ANDA !!

Demikian sekilas dengan Johann Heinrich Pestalozzi,bapak pendidikan pengembang system sekolah klasikal,dan semoga ada manfaatnya,salam blogger !!.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger