INI DIA MAKANAN ANEH SUKU BANJAR KALIMANTAN NAMANYA MANDAI TIWADAK[CEMPEDAK] !

Mungkin makanan ini hanya di temukan pada etnik suku Banjar saja[yang saya ketahui]atau bisa jadi juga suku suku daerah lain mengenalnya,yaitu asinan dari kulit''cempedak''dalam bahasa daerah kami di sebut''mandai'',atau mandai tiwadak[mandai cempedak].!!Baca juga tentang : MENU BUAH CEMPEDAK MUDA DIBAKAR ENAK RASANYA !!

Ada kejadian lucu tetangga kami yang kebetulan berasal dari seberang[suku Jawa],melihat ibu saya tidak membuang kulit cenpedak bertanya untuk apa ?,di jawab oleh ibu saya,untuk teman makan atau sayur,si orang Jawa tetangga kami tembah bengong,koq orang Kalimantan memakan kulit buah cempedak,.ada kesan aneh nampaknya di wajahnya dan mungkin setengah bingung.

I.Cara membuatnya mudah sekali :
-Buah cempedak yang sudah masak,kulitnya di ambil ,isinya di keluarkan atau cempedak yang sudah kita belah dan isinya sudah di makan,kulitnya jangan dibuang ,ambil kemudian kulit luarnya di bersihkan hingga bersih,dan kemudian di potong potong persegi empat sedang[sesuai selera],dan cuci dahulu ,kemudian siapkan air bersih yang sudah di campur garam ,di dalam toples kaca juga secukupnya yang penting semuanya terendam dalam air garam tersebut,tutup toplesnya rapat,selesai !!Baca juga tentang : MENU SAMBAL GORENG UDANG PEDAS PLUS DURIAN !

 Mandai kulit buah Cempedak sudah di goreng   siap di santap 
Dua atau tiga hari kemudian kulit cempedak tadi sudah menyatu dengan air garam,dan sudah siap di goreng atau dibuat oseng oseng,namun ada yang juga lebih suka selesai kulitnya dibersihkan langsung di goreng saat itu juga,tanpa di rendam dulu dengan air garam,rasanya juga enak [asem,manis ,kecut dan gurih].

Kembali kita pada cerita pertama tentang tetangga kami yang dari Jawa tersebut,awalnya ia memang merasa asing melihat orang orang Kalimantan [kami]memakan kulit buah cempedak  sebagai teman lauk untuk makan[dicocol pada sambel sedap sekali],rupanya ia mulai ingin mencoba ''makanan aneh'' tersebut,dan ujung ujungnya ia membuat sendiri,mengapa? ,karena ketagihan ,ahaha!.
Itulah sekilas dengan makanan aneh orang Kalimantan,yang namanya ''mandai tiwadak''silakan di coba siapa tau anda menyukai,namun bagi yang punya penyakit maag akut [jangan terlalu berlebihan]demikian dan semoga manfaat ,sekedar berbagi pengalaman ,salam blogger !
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger