BENARKAH PENGALAMAN ADALAH GURU YANG TERBAIK ??

Sebuah kata philosofis mengatakan bahwa''Experience is the best teacher''artinya kira kira adalah ''pengalaman adalah Guru yang terbaik''pengalaman adalah bagaikan seorang guru yang sabar,yang tak pernah marah,dan ia adalah guru yang terbaik bagi setiap manusia.!! Baca juga tentang : BEBERAPA HAL DALAM PENATAAN KELAS YANG HARUS DI PERHATIKAN !!

Manusia selalu mencari si Guru yang bernama pengalaman,ia guru tanpa jiwa,yang selalu siap medidik anak manusia yang mencarinya,dan terkadang tanpa sengaja ia memberikan pelajaran kepada anak manusia tadi,itulah guru yang namanya pengalaman.

BENARKAH PENGALAMAN ADALAH GURU YANG TERBAIK ??Mungkin juga kita sering mendengar istilah yang sering terucap dari seseorang''belajar dari pengalaman''katanya!,dan disini tersirat bahwa sebuah pengalaman harus ditimba dari kegiatan pisik seseorang atau sebuah aktifitas,jadi pda hakikatnya pengalaman didapatkan dari sebuah hasil kerja,dan bukan dari khayalan/mimpi atau membaca buku,atau mendengarkan ceramah.


Pengalaman adalah guru yang terbaik atau guru yang paling baik,namun yang harus diingat disini adalah kata''baik''kata baik tersebut mempunyai konotasi umum artinya,belajar dari pengalaman itu lebih baik,lebih cepat mengerti/memahami[karena melakukan sendiri],akan tetapi belajar dari pengalam itu tidak dapat membedakan mana yang baik[boleh dilakukan]atau yang tidak boleh di akukan[larangan] atau mis educative experience karena si guru yang namanya pengalaman tadi tidak mempunyai jiwa.

Contoh saat kita melakukan kejahatan misalnya mencuri dan berhasil lalu kemudian kita mengetahui seluk beluk cara mencuri yang jitu,tentu ini hasil dari sebuah pengalaman,dan kita belajar dari guru yang namanya pengalaman tadi,namun dalam pengetahuan yang mis educative tadi[bukan mendidik pada arah yang baik].

Maka untuk itu kehadiran guru hidup [manusia hidup]sebagai guru tetap menjadi hal yang terpenting didalam menjembatani,antara sebuah pengalaman dan pengajaran agar arah atau tujuannya tadi tidak lepas pada ''moral edukatif'',sehingga anak anak tidak menjadi liar dan tidakterkendali.
Demikianlah sekilas info sekedar coret coret pinggiran dan semoga ada manfaatnyauntuk kita sekalian.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger