BENARKAH PEMBAWAAN DAN LINGKUNGAN BERPENGARUH PADA PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN ANAK !!

BENARKAH PEMBAWAAN DAN LINGKUNGAN BERPENGARUH PADA PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN ANAK !!Mungkin masih ingat dengan sebuah teori pendidikan mengenai prilaku manusia yang di kemukakan oleh seorang ahli pendidikan dan psikology dari Jerman   yaitu''William Stern''[1871-1939],mengenai dalil/hukum yang dinamakan teori''Konvergensi''.

Menurut teori ini bahwa perkembangan keperibadian manusia itu di pengaruhi oleh faktor bawaan dan lingkungan sejak lahir seseorang yang disebut faktor''heriditas'',di mana Stern berpendapat bahwa perkembangan pribadi manusia itu hasil dari konvergensi,antara aspek Internal dan aspek eksternal,faktor internal adalah bawaan [heriditas],sedangkan faktor eksternal adalah lingkungan ,dan termasuk lingkungan pendidikannya dan pembelajarannya.!! Baca juga tentang  : LULUSAN SEKOLAH KEGURUAN JUGA BANYAK PELUANG PEKERJAAN MENANTI ANDA !!


William Stern perintis teori hukum Convergensi
Sehngga menurut teori Konvergensi ini baik buruknya prilaku anak telah ada dibawanya sejak ia dilahirkan,dan kemudian di pengaruhi oleh faktor lingkungannya,kedua faktor ini sangat berperan besra dalam pembentukan karakater anak selanjutnya.!!Baca juga tentang : OVIDE DECLORY PERINTIS TENTANG PENTINGNYA ILMU PENDIDIKAN DAN PSIKOLOGY BAGI GURU !

Maka dengan demikian bakat dan beberapa potensi lainnya,tidak akan berkembang secara maksimal,tanpa perlakuan dan dukungn lingkungan[mulliu]yang maksimal serta  menyesuaikan bakat dan potensi yang ada pada diri si anak tersebut.

  Teori Convergensi
Akan tetapi berlaku sebaliknya,lingkungan yang mendukung[baik],tidak akan berpengaruh/tidak terlalu berpengaruh,jika di dalam diri sianak tidak ada bakat atau potensi yang di perlukan bagi aktifitas yang di perlukan si anak tersebut. 

Maka dapat disimpulkan teori dari William Stern tersebut bahwa keberhasilan pendidikan itu hasil dari interaksi antara pembawaan[karakter]dan lingkungan[mulliu],dan dapat diterima oleh lingkungan pendidikan sehingga menimbulka
n inspirasi inpirasi baru di dalam teori dan metode pendidikan dewasa ini,misalnya model belajar Inquiri,model belajar Asertif,model pengembangan pola berfikir ,dll.
Demikianlah sekilas dengan teori hukum atau dalil Konvergensi dari William Stern,dan semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian ,salam blogger !!
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

2 komentar

Mampir ke web ane gan..
Bantu kami untuk menjadikan indonesia lebih hijau. Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut tentang kami : Greenpack

Balas

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger