BELAJAR SAMBIL BERMAIN ITULAH METODE BELAJAR CARA FRIEDRICH FROBEL !!

BELAJAR SAMBIL BERMAIN ITULAH METODE BELAJAR CARA FRIEDRICH FROBEL !!Kalau kita belajar sejarah tentang pendidikan maka akan bertemu dengan seorang tokoh pendidikan yang bernama ''Friedrich frobel''ia lahir di sebuah kota Oberweissbach[Germany]dan wafat ditahun1852.ia adalah putra seorang pastur,dengan pola mendidik anak anaknya dengan ekstrim,saat usianya baru sembilan bulan ibu kandungnya meninggal dan ia hidup dengan seorang ibu tiri yang kurang cocok dengan Frobel,dan ini membuat ia mengalami tekanan pisik dan mental dan dampaknya pada kesulitan belajar yang di alaminya.

Frobel punya rasa ingin tau yang kuat terhadap sesuatu,ia selalu membongkar pasang barang yang ia miliki,sampai ia berhasil kembali merangkai benda tersebut menjadi normal kembali,saat ia di usia sekolah guru gurunya banyak yang kurang memahami karakter si Frobel ini.

Saat usianya sudah mulai naik remaja ia bekerja ikut magang dengan seorang peneliti ,dan ia dengan senang hati melakukan tugasnya walau cukup berat untuk ukuran seusianya saat itu,dan kebetulan saat itu terjadi peperangan antara Prusia dengan Prancis[Kaisar Napoleon],si Frobel ikut pasukan Prusia dalam peperangan tersebut,usai perang ia kembali belajar untuk mengisi kekurangan di dalam dunia pendidikan ,secara pribadi si Frobel orangnya cukup menyenangkan di dalam pergaulan,namun tidak banyak punya teman, akan tetapi ia sangat setia bila berteman dengan orang lain.

Rupanya di dalam dirinya selain punya karakter tangguh sebagai prajurit,juga mempunyai sifat mendidik dan tak dapat di tahannya ,sehingga iapun terjun kedunia pendidikan dengan menjadi seorang guru,Frobel bukan hanya ingin mengajar,akan tetapi otaknya juga bekerja untuk menemukan hal hal baru,dan ia menemukan cara memotivasi/membangkitkan yang disebut''energy bermain kreatif''untuk anak anak usia sekolah[anak anak kecil],dan pola permainan itu mengandung unsur pendidikan pelajaran ,sehingga dapat membantu si anak tersebut.!! Baca juga tentang : SEKOLAH SAMBIL BEKERJA METODE BELAJAR DARI GEORGE KERSCHENSTEINER !!

Belajar sambil bermain karya dari Friedrich Frobel ini
Pada jaman tersebut juga terdapat seorang ''paedagog''yang terkenal yaitu ''John Pestalozzi'',untuk menambah keilmuannya Frobel menemui si guru terkenal tersebut,untuk berdiskusi masalah pendidikan,namun si Frobel ternyata kurang puas dengan metode metode Pestalozzi tersebut.  !! Baca juga tentang : KELEMAHAN DAYA PENGLIHATAN BUKAN HALANGAN BAGI KEPLER UNTUK SUKSES.

Si Frobel punya keyakinan sendiri ,bahwa anak  anak itu punya perkembangan alamiah sendiri sendiri,tugas Guru hanya sebagai pendorong motivasi dan mempertahankan tenaga bawaan alamiah ini [seperti tukang kebun memelihara tanamannya].

Ia memang jatuh cinta pada dunia anak anak,mungkin karena masa lalunya yang kelam hidup dengan seorang ibu tiri yang tidak koopratif dengan dia,sehingga membuat ia terlantarkan,sehingga hal ini membekas dalam dirinya,dengan menekuni dunia anak anak.

Taman kanak kanak[Kindergarten] pertamakali dibuka oleh Frobel di kota Blankenburg tahun 1837,dan di sana anak anak tersebut didorong belajar ,dengan melalui media bermain,keterampilan[prakarya],kemudian latihan,hingga kini metode si Frobel masih dipakai pada Taman kanak kanak di hampir seluruh dunia.,termasuk di negeri kita .


Itulah sekilas dengan Frobel,si pendiri taman kanak kanak ,dengan metodenya ''belajar sambil bermain'' dan semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian dan salam blogger !

 .
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger