BEBERAPA MANFAAT DALAM PENERAPAN METODE MENGAJAR MODEL SIMPOSIUM !!

BEBERAPA MANFAAT DALAM PENERAPAN METODE MENGAJAR MODEL SIMPOSIUM !!Salah satu tehnik belajar mengajar moderen adalah model metode yang namanya''Simposium'' tehnik ini adalah dengan melakukan pidato pidato  pendek di depan pengunjung,kalau kita ingin menerapkan ,tentunya di depan kelas atau di depan kawan kawan sesama siswa,dan lebih cocok di lakukan dalam kelompok kelompok besar misalnya gabungan kelas kelas yang kita bina dengan bidang study yang sama.

Tujuan belajar dengan tehnik Simposium adalah,untuk merangsang pemikiran kelompok kelompok lain yang ada di kelas tersebut,untuk bersama sama memecahkan masalah,tentunya masalah yang telah di berikan guru,sesuai dengan bidang study,dan pokok bahasannya.!! Baca juga tentang : LIMA ASPEK INI YANG MEMPENGARUHI TINGKAT INTELEGENSI SESEORANG !!

USAI SIMPOSIUM
Beberapa manfaat dalam penerapan  tehnik mengajar dengan metode simposium antara lain adalah sebagai berikut  :
-Mampu membangkitkan fikiran untuk aktif memahami apa yang diceramahkan dalam simposium 

-Guru akan melihat bakat bakat siswa yang berjiwa orator,konseptor dll.

-Dapat terjadi perdebatan dalam mengemukakan pendapat antara peserta dengan pemapar materi,dan ini bagus untuk mengambil suatu kesimpulan selanjutnya.

-Dengan banyaknya pendapat dan pembicaraan yang tentunya terarah maka akan ada analisa analisa dalam pemecahan sebuah masalah yang di bicarakan.

-Hasil dari sebuah simposium biasanya lebih lengkap hingga detail detail uraiannya,dan lebih diterima karena hasil dari sebuah musyawarah ilmiah dalam bidang keilmuan terkait.

-Fokus permasalahan yang dibahas lebih terarah,karena Guru yang bertindak sebagai moderatornya dan sekaligus menyisipkan hal hal yang kurang dalam simposium tadi.

-Didalam metode mengajar simposium waktu lebih banyak pada para peserta [siswa],sehingga ini membuat suasana hidup dan aktif.!!Baca juga tentang  : SEKILAS DENGAN METODE MENGAJAR SIMULASI DAN KEUNGGULAN SERTA KELEMAHANNYA!

Itulah beberapa sisi keunggulan dari tehnik belajar dalam metode simposium,tentunya apabila kita ingin menrapkan hal tersebut di kelas,maka perlunya persiapan utama adalah topik bahasan atau pokok permasalahan yang dibahas,dan tentunya sebagai pembicaranya adalah si Guru itu sendiri,namun kalau kita ingin melatih siswa siswa kita dalam bersimposium maka   yang menjadi pembicara/pemateri adalah dari siswa siswa sendiri,dan tinggal kita mengatur sesuai dengan kondisi sekolah kita masing masing.

Kalau pesertanya banyak kita dapat memakai ruang serbaguna sekolah atau ruang kelas yang daya tampung nya lebih besar,misal nya kita mengajar bidang studi Bahasa Indonesia di tiga kelas untuk SMP,A,B dan C,tinggal digabungkan saja,dalam satu aula /balai pertemuan.
Demikian dan semoga ada manfaatnya,dan salam blogger !
Cat : metode Simposium kurang cocok untuk Sekolah  Dasar,penerapannya lebih kepada kelas yang tinggi misal SMP ke atas !!
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger