BEBERAPA HAL DALAM PENATAAN KELAS YANG HARUS DI PERHATIKAN !!

Untuk mencapai pendidikan yang bermutu tinggi ternyata tidak hanya cukup dengan kepandaian seorang guru di dalam mengajar,namun di pengaruhi juga oleh beberapa hal diantara adalah tatacara pengaturan ruang dan lain lain.!!Baca juga tentang : Benarkah pengalaman guru yang terbaik ?

Untuk pengaturan ruang belajar yang ideal dan menurut standart yang di sarankan antara lain  :

 I.ANTARA LAIN YANG PERLU DIPERHATIKAN :

=Komposisi pengaturan duduk siswa,di dalam pengelompokan antara yang cerdas dan menengah dan kurang,baik laki laki dan perempuan.

=Ukuran dan bentuk kelas/ruang kelas juga harus sesuai dengan standart yang sarankan.

=Jumlah siswa juga mempengaruhi tingkat kenyamanan belajar siswa,dan ini akan berpengaruh pada hal hal yang sifatnya konsentrasi siswa dll.

=Bentuk bangku dan kursi siswa juga ternyata ada pengaruhnya dengan kenyamanan siswa dan hal
ini juga akan berpengaruh secara tidak langsung terhadap konsentrasi saat menerima pelajaran .

=Jumlah kelompok juga akan berpengaruh pada tingkat kenyamanan siswa,didalam proses belajar mengajar.!! Baca juga tentang : TUJUH ASPEK YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MEMILIH MEDIA PENGAJARAN

WILAYAH YANG TERLALU  DINGIN JUGA KURANG BAIK
Itulah beberapa faktor yang turut menunjang keberhasilan guru didalam melaksanakan proses belajar mengajar di kelas,dan yang perlu diingat juga faktor kondisi cuaca yang sangat panas dan pengap,dengan kurangnya ventilasi udara juga akan membuat suasana,yang kurang nyaman di dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. 

Faktor suhu udara secara psikologis dan pisik akan berpengaruh ,dan ada kecenderungan wilayah wilayah yang berhawa sejuk[agak dingin],mempengaruhi daya kerja otak manusia,sama halnya seperti mesin yang dijalankan terus menerus tanpa ada pendingin,dibanding dengan yang memakai pendingin,akan lebih kuat  yang memakai pendingin,karena suhu mesin akan menjadi stabil,demikian juga halnya dengan otak manusia.

Dapat kita lihat sisi perbandingan antara negara dengan negara,dimana bila wilayah negara tersebut berhawa sejuk,ada kecenderungan warganya memiliki daya intelektual yang lebih tinggi,ketimbang negara negara yang bermusim panas [apalagi kemarau terus menerus],seperti di beberapa bagian Afrika,dan begitu pula dengan wilayah wilayah yang sangat dingin,ada kecenderungan kelambananan dalam pola berfikir warganya[lihat warga warga yang tinggal di wilayah paling utara Eropa[dekat kutub].
Demikian dan semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger