BEBERAPA FAKTOR KESULITAN BELAJAR PADA SISWA YANG PERLU GURU KETAHUI !

BEBERAPA FAKTOR KESULITAN BELAJAR PADA SISWA YANG PERLU GURU KETAHUI
Mari kita mengenal faktor faktor tentang kesulitan siswa/murid tentang permasalahan dalam belajar mereka yang tentunya kita sebagai pendidik harus mengetahui dan teliti sehingga segala keputusan yang kita ambil dalam suatu penilaian tidak gegabah dengan serta merta melakukan ''vonis''terhadap anak didik kita ,secara umum faktor kesulitan itu dapat di bagi dua antara lain :

1.Faktor faktor Eksternal[diluar],yakni faktor faktor yang mempengaruhi siswa kita dari luar,misalnya saja  :

-Lingkungan sekolah yang kurang kondusif,misalnya dekat pasar,atau padalingkungan yang terlalu ramai untuk sekolah,atau faktor infra struktur sekolah yang tidak mendukung,misalnya gedung sekolah,alat bantu ajar juga personal Guru gurunya yang tidak responsif dengan pendidikan,dll.


-Lingkungan tempat tinggal siswa yang tidak mendukung,misalnya saja ia tinggal pada perkampungan kumuh,dan kemudian teman teman yang punya prilaku kurang baik,termasuk disini faktor himpitan ekonomi orang tua,dll.!! Baca juga tentang  : TUJUH HAKIKAT GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN YANG PERLU DI KETAHUI OLEH KITA !!

-Lingkungan keluarga yang kurang harmonis[broken home]juga termasuk mempengaruhi tingkat kesulitan anak didik kita dalam belajar kesehariannya

II.Faktor faktor Internal [didalam]yakni faktor faktor yang mempengaruhi dari dalam misalnya:
-Faktor Kognitif,misalnya rendahnya intelektual/intelegensia si siswa atau istilahnya[ranah cipta].

-Faktor afektif pada siswa misalnya sikap emosi yang meluap-luap,atau pola tingkah laku yang tidak terpuji dll.atau isitilahnya[ranah rasa].

-Faktor Psikomotorik,misalnya ada gangguan pada indera si anak didik kita,misalnya ,kurang normalnya ,pendengaran,penglihatan,atau mungkin saja anggota gerak lainnya,juga hal ini dapat berpengaruh dengan faktor kesulitan belajar pada anak didik kita.

Itulah faktor faktor kesulitan belajar secara umum yang sering kita temui ,di lapangan terhadap anak didik kita,selain itu ada beberapa faktor lainnya ,atau faktor khusus dengan beberapa kelemahan pada anak didik kita misalnya,

-Faktor kesulitan dalam belajar menulis.[dysgrafhia]
-Faktor kesulitan dalam belajar membaca.[dysleksia]
-Faktor kesulitan dalam belajar matematika.[dyscalculia]

Namun ke tiga  faktor diatas biasanya hanya bersifat sementara atau ada gangguan ringan pada system otak,dalam menerima/mencerna pelajaran tersebut,akan tetapi juga perlu perhatian Guru dan orang tuanya,agar ia tidak ketinggalan dalam belajar,dengan anak anak yang lainnya.

Demikian sekilas tentang faktor faktor kesulitan anak didik kita  di dalam menerima pelajaran ,dan semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian,salam blogger.

Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger