BEBERAPA ASPEK KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN BENTUK SOAL EVALUASI OBJEKTIF !!

BEBERAPA ASPEK KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN BENTUK SOAL EVALUASI OBJEKTIF !!
Kalau pada posting sebelumnya kita telah sedikit mengulas tentang tes dalam bentuk esai[jelaskan]atau dikatakan para ahli juga di sebut tes subjektif,karena lebih banyak penalaran siswa,dan sekarang kita mencoba untuk sedkit mengulas tentang objektifitas.
Apa saja yang masuk dalam tes objektif ,antara lain :

-Pilihan ganda.
-Benar Salah[BS]
-Menjodohkan.
-Isian atau mengisi titik titik.

Baca juga tentang  : BEBERAPA DEFINISI MENGENAI PENGERTIAN DEMOGRAFI !!
I.Beberapa hal tentang keunggulan tes objektif adalah antara lain :

-Didalam pemeriksaan soal tidak ada unsur yang subjektif,karena jawaban nya harus pasti dan benar,misalnya Ibukota Jawa Barat adalah,Bandung.

-Jawaban Tidak dapat di campuri oleh unsur subjektifitas guru atau siswa atau si pemeriksa.

-Lebih cepat dalam pemeriksaan dan dapat di wakilkan atau system komputerisasi.

-Cakupan pertanyaan lebih banyak dan lebih spesifik sehingga hampir semua materi ajar dapat di jadikan sebuah pertanyaan/beberapa pertanyaan.

-Angka skor nilai lebih mudah diukur,misal bila soal 10  kemudian salahnya ada 2 maka dapat di skor dengan angka 8,atau soal 100 bila salah nya ada dua dapat di skor dengan nilai 98.,dll.

II.Beberapa Kelemahan tes objektif adalah antara lain  :

-Persiapan tes lebih sulit dan cukup memerlukan biaya yang tidak sedikit,dan harus dengan penuh ketelitian dalam membuat soal soalnya[soal evaluasinya].

-Sasaran evaluasi cenderung hanya mengulang-ulang apa yang telah di ajarkan dan lebih mengarah kepada sisi ingatan saja,dan agak sulit untuk mengetahui sisi kreatifitas dan analisis pola berfikir siswa.

-Spekulasi[untung -untungan] dalam menjawab pertanyaan lebih terbuka,dan kemudian kerjasama dalam menjawab soal soal juga lebih mudah,termasuk contek menyontek jawaban.

-Tingkat kebocoran soal soal lebih terbuka,dengan kunci jawabannya,yang  lebih mudah ,daripada soal soal esai !.[rawan akan kebocoran]
Itulah beberapa aspek kelebihan dan kekurangan soal soal dalam bentuk objektif,jadi memang sebaiknya ada variasi soal tes ,atau melihat tingkatan sekolahnya,kalau di perguruan tinggi memang bentuk soal lebih banyak mengarah pada bentuk esai,dan jarang menggunakan soal evaluasi dalam objektif tadi.!!Baca juga tentang  : DUA PERTANYAAN YANG PERLU DI JAWAB GURU SETELAH MENGAJARKAN MATERI PADA SISWA !
Demikian dan semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian,salam blogger !
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger