SEKILAS DENGAN KELEBIHAN DAN KELEMAHAN METODE MENGAJAR SOSIODRAMA !!

SEKILAS DENGAN KELEBIHAN DAN KELEMAHAN METODE MENGAJAR SOSIODRAMA !!Bagi insan pendidik tentunya sudah sangat mengenal dengan metode yang satu ini yaitu metode''Sosiodrama''dimana metode ini lebih menitik beratkan kepada praktek langsung dengan peranan peranan masing karakter di dalam penyampaian dan penguatan pada alur cerita sehingga dengan demikian siswa dapat menghayati langsung dengan perananya kemudian tentunya juga adalah pemahamannya terhadap topik yang dibahas oleh Guru.!! Baca juga tentang   : sepuluh-kata-kata-mutiara-hikmah-dalam dunia pendidikan !

I.Beberapa kelebihan metode Sosiodrama    :

-Siswa akan terlatih di dalam mengambil inisiatif dan kreatifitasnya akan terbangun dan saat siswa memerankan seseorang tokoh ,ia secara tidak langsung telah memahami dengan peranan dan juga sekaligus belajar dan ini akan menjadi pengalaman siswa tersebut.!! baca juga tentang  : SEKILAS DENGAN METODE CERAMAH DAN KELEBIHANNYA ATAUPUN KELEMAHANNYA !

-Siswa akan melatih kemampuan dirinya dalam suatu peranan yang perankan dan ini akan melatih secara afektif dan motorik siswa dalam mengingat alur cerita yang akan dimainkan dan ini lebih terkesan terhadap siswa itu sendiri,contoh kecil,saat saya masih duduk di kelas I SMP,mungkin sekitar 40 tahun yang lalu,saat seorang guru menyuruh saya memerankan Pahlawan dari dari Aceh Teuku Umar ,hingga sekarang masih lekat dalam memory saya.

-Siswa yang berbakat dalam seni drama akan terlihat,oleh guru nya dan suatu nilai tambah bagi siswanya tingga di salurkan /dipoles ,tidak menutup kemungkinan si siswa malah akan menjadi seorang pemain drama handal kelak[perjalanan hidup siapa yang tau].

-Siswa dapat terpupuk rasa kerjasamanya dan ini sangat bagus untuk memupuk kebersamaan dan rasa toleran pada diri siswa tersebut.

-Siswa akan terbiasa dengan bahasa lisan yang teratur dan tertata,sehingga ini  modal ia kelak untuk tampil di di depan publik.

-Siswa dapat terlatih mentalnya,dengan metode ini,ia akan terbiasa tampil  dan menyampaikan pendapat di depan publik.

II.Dibalik kelebihan metode Sosiodrama,juga ada beberapa kelemahan metode ini :

-Waktu yang ditentukan sering melampau batas jam pelajaran sehingga dapat mengganggu pelajaran lainnya dan cuma dapat satu topik bahasan saja.!! Baca juga tentang  :
-Dapat mengganggu stabilitas kelas lainnya,karena sudah jelas kelas yang melakukan pelajaran dengan sosiodrama agak ramai dan sedikit berisik.

-Memerlukan pesiapan yang matang,baik tempat,naskah,dll atau hal terkait dengan metode tersebut dan tidak dapat di setting secara sembarangan karena dalam hal ini harus ada hasil yang di dapatkan,jadi sasaranya bukan hiburan,itu bedanya dengan ''drama sebenarnya''.

-Banyak siswa yang tidak terlibat,misalnya yang memainkan drama hanya 8 orang,bila siswa ada 40 orang maka 32 orang lainnya hanya penonton pasif,bisa jadi mereka ribut sendiri dengan urusan masing masing.

 Itulah sekilas dengan metode  sosiodrama yang patut juga kita pertimbangkan didalam penyampaian pelajaran di sekolah ,utama bidang bidang pelajaran yang menyangkut sejarah ,atau seni,dan sekian semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger