SAMBEL JAUNG PLUS UDANG BAKAR BIKIN SELERA MAK NYUSS !!

SAMBEL JAUNG PLUS UDANG BAKAR BIKIN SELERA MAK NYUSS !!Lagi lagi cerita waktu kecil,mengapa ?karena di jaman sekarang sudah agak sulit menemukannya,utama di daerah kami Kalimantan Timur,kalau dulu setiap rumah hampir selalu ada tanaman yang namanya ''Jaung''atau bahasa lainnya ''Kecombrang'',kalau dalam bahasa kami di kalimantan lebih dikenal dengan nama Jaung dalam bahasa latinnya di sebut Etlingera elatior.!! Baca juga tentang  : menu-sederhana-membuat-masakan-succotash !!

Selain sebagai obat demam ,dan penghilang bau badan,dulu ibu suka membuat sambel dari jaung ini,memang bagi yang kurang suka dengan aromanya akan terasa asing,dan seperti kita memakan rempah rempahan  saja.
Cara membuat sambel jaung  :


Sambel bunga Jaung[photo vivaborneo.com]
[1].bunganya ambil dan bersihkan atau seduh dengan air panas ,lalu campurkan dengan sambel yang kita buat kemudian di ulek,pertama saat kita makan memang terasa agak terasa asing,namun setelah itu bisa membuat anda ketagihan ,ahaha,,rasanya segar,agak pedas,dan hangat di perut.


[2].Bunganya ambil  bersihkan jangan di kupas lalu bakar [seperti kita bakar jagung],setelah kira kira sudah masak,tinggal kupas kulitnya yang gosong tadi,dan ulek /dibuat sambel campur bumbu sambel lainnya,dan akan tambah  sensasional bila ada udang sungai/laut yang agak besar[udang galah]juga di bakar,kemudian setelah di bakar kulit udangnya dilepas lalu di ulek bersama sama dengan sambel jaung tadi.,,ini akan menambah selera kita semakin menjadi -jadi,ahaha! ! Baca juga tentang  ; BUNGA TIGARON DAN KALANGKALA MENU ASLI SUKU BANJAR KALIMANTAN
Ada dua  tinggal pilih saja baik nomor satu atau nomor dua,,,bedanya cuma dibakar plus udang bakar.
Silakan di coba ,dan semoga ada manfaatnya walau hanya menu ala kampung ,salam blogger !
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger