MITOS LARANGAN MANDI BERENDAM SETELAH MAKAN !!

MITOS LARANGAN MANDI BERENDAM SETELAH MAKAN  !!Yang namanya mitos tentu saja sangat sulit kalau dipadukan dengan rasional ,namun adakalanya mitos juga berbarengan dengan suatu hal yang ilmiah,karena mitos biasanya juga terlahir sebuah pengalaman yang mungkin saja ada sebuah kebetulan,wallahualam.!!Baca juga tentang   : mitos-seputar-kelebihan-hewan-kucing. 

Disaat kecilan kami dahulu,ada salah satu mitos/kepercayaan dari masyarakat pinggiran sungai Mahakam,terutama di daerah kami sendiri yaitu larangan mandi setelah makan,yang dimaksud disini tentu mandi disungai,apalagi kalau yang kita makan masih agak hangat,misalnya kita makan nasi ,sayur dan ikan semuanya serba hangat,kemudian usai makan kita langsung ,mandi du sungai,dan apalagi berenangan,sambil merendam tubuh kita separo atau sebatas dada.!! Baca juga tentang : mitos-ikan-belunguran bakut-putih yang tidak dapat di konsumsi !

Sungai Mahakam di Samarinda
Apabila ini sering di langgar atau dilakukan maka dampaknya kita terkena penyakit''Abuh''namanya yaitu bengkak pada bagian perut,dan menurut riwayatnya,sulit sekali disembuhkan,dan katanya mitos ,dulu memang ada kejadian hal tersebut dimana seorang anak di kampung kami,yang sering mandi /berendam setelah makan ,terserang sakit abuh tersebut,dan ujung-ujungnya tidak tertolong.

Yang jadi pertanyaan saya hingga kini belum terjawab adalah,apakah ada hubungan antara mandi sehabis makan dengan pembengkakan perut,kalau di lihat dari sudut pandang medisnya!,jadi itulah asal muasalnya sakit ''abuh''tersebut,,saya malah berasumsi ,jangan jangan mungkin yang bersangkutan ada sakit lain,dan kebetulan saja suka mandi usai makan.

Jadi itulah larangan mandi sehabis makan,boleh namun harus istirahat dulu,barang 1-2 jam setelah makan tersebut,demikian sekilas dengan mitos sakit abuh bila mandi berendam setelah makan,demikian semoga ada manfaatnya,walau sekedar cerita anak kampung,salam blogger !!
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger